Umat Muslim, Ketahui 3 Tata Cara Salat di Kendaraan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ketahui 3 Tata Cara Salat di Kendaraan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkan Anda pada saat melakukan perjalanan namun ditengah perjalanan Anda terkena macet, sedang pada saat itu telah masuk waktu ? Tentu sangat membingungkan bukan, apalagi pada saat itu adalah waktu terakhir masuk waktu salat.

Sebagai umat muslim pasti tahu dan meyakini bahwa Allah tidak akan pernag memberatkan hambanya dalam hal beribadah termasuk dalam keadaan tersebut. Allah memberikan beberapa kemudahan diantaranya, apabila kita sedang melakukan perjalanan jauh kita bisa menjamak salat kita atau kita bisa salat dalam kendaraan.

Berbicara salat dalam kendaraan, berikut ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan salat diatas kendaraan:

Salat Seperti Biasa (Berdiri)
Jika dimungkinkan maka salat seperti biasa, yaitu salat berjemaah, menghadap kiblat, berdiri, ruku dan sujud seperti biasa.

Salat Sambil Duduk
Jika tidak dapat berdiri maka salat sambil duduk dengan gerakan salat dalam kondisi duduk. Rukuk dan sujud dengan membungkukkan punggung, dan saat sujud punggung lebih menurun dari rukuk.

Bertayammum
Apabila tidak mendapatkan air, maka dapat bertayammum. Cara tayammum yaitu menepuk tanah atau debu pada dinding kendaraan dengan dua telapak tangan, lalu diusapkan keseluruh wajah. Kemudian tangan yang satu mengusap yang lain sampai pergelangan tangan.

Demikian tatacara salat dalam kendaraan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.