Umat Muslim, Ketahui 3 Waktu Mandi yang Dilarang dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ketahui 3 Waktu Mandi yang Dilarang dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, adalah salah satu cara kita membersihkan diri dari kuman. Selain itu, mandi juga dapat membersihkan najis yang menempel di badan. Tidak hanya itu, mandi membuat badan menjadi segar. Sehingga, beberapa ibadah dalam islam dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu.

Namun, sayangnya ada sebagian orang yang kurang memahami pentingnya mandi sehingga mereka enggan melakukannya dengan rutin.

Dalam hadis yang menyebut “kebersihan sebagian daripada iman”. Yang artinya dengan menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Berikut adalah hukum mandi dalam islam yang perlu Anda ketahui:

Wajib, yaitu apabila mengalami hal-hal yang mewajibkan mandi atau bernadzar untuk melakukan mandi sunah.

Sunah, yaitu jika terdapat faktor-faktor yang menyebabkan mandi sunah sebagaimana akan dijelaskan nanti.

Selain itu, terdapat suatu kaidah untuk membedakan antara mandi wajib dan mandi sunah, yaitu setiap mandi yang faktor penyebab mandi tersebut mendahuluinya maka hukumnya ialah wajib, sebagaimana mandi haid, dan setiap mandi yang faktor penyebabnya terjadi setelahnya maka hukumnya adalah sunah, sebagaimana mandi Jumat.

Namun tahukah Anda bahwa ada tiga waktu yang dilarang menurut islam dan medis dimana kita dilarang untuk mandi. Hal tersebut karena dapat berisiko mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Menurut pakar kesehatan, ada tiga waktu yang tidak disarankan untuk mandi. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi jantung sedang melemah sehingga beresiko menyebabkan kematian mendadak. Berikut :

30 Menit Setelah Salat Asar
Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

Setelah Maghrib
Mandi setelah maghrib juga termasuk dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

Sesudah Isya hingga jam 12 malam
Sesudah isya, merupakan waktu dimana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung.

Itulah waktu yang dilarang untuk mandi, karena tidak baik bagi kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Nah jika ada waktu yang dilarang untuk mandi, pasti ada waktu yang dianjurkan untuk mandi karena pasti mengandung manfaat tersendiri untuk tubuh. Penasaran apa saja? Berikut Penjelasannya

Mandi pada waktu subuh maupun sebelum subuh
Mandi pada waktu itu sangat direkomendasikan, karena kandungan ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda.

Mandi pada waktu Ashar
Mandi setelah bangun tidur siang akan membuat tubuh lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu ashar juga membuat kekebalan tubuh lebih meningkat sehingga kita tidak mudah terkena penyakit.

Semoga dengan pembahasan ini, dapat membuat kita bisa lebih menjaga kebersihan tubuh. Semoga bermanfaat. (dalamislam.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.