Umat Muslim Perlu Tahu! Ini 7 Indikator Kebahagiaan di Dunia Menurut Ibnu Abbas

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim Perlu Tahu! Ini 7 Indikator Kebahagiaan di Dunia Menurut Ibnu Abbas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia pasti ingin selalu hidup bahagia, tidak terkecuali umat Islam. Tentu seorang muslim bukan hanya menginginkan sekadar bahagia di , tapi yang lebih penting lagi adalah bahagia di akhirat.

Sebagaimana doa umat muslim setiap selesai salat, yaitu: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebahagiaan hidup di dunia, dan kebahagiaan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab api neraka”.

Terkait dengan hidup bahagia itu, ra menjelaskan, ada beberapa indikator kebahagiaan di dunia yang patut umat muslim ketahui.

Berikut tujuh indikator kebahagiaan dunia:

Qolbun Syakirun (Hati yang Selalu Bersyukur)
Artinya, sebagai umat muslim harus selalu menerima apa adanya (qona'ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stres. Inilah nikmat sebenarnya bagi hati yang selalu bersyukur.

Al Azwaju Sholiha (Pasangan Hidup yang Saleh atau salehah)
Pasangan hidup yang saleh atau salehah akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah (tenang, penuh cinta dan kasih sayang).

Al Aulaadul Abror (Anak yang Saleh atau Salehah)
Doa anak yang saleh atau salehah untuk orang tuanya akan dikabulkan Allah SWT. Berbahagialah orang tua yang memiliki anak saleh atau salehah.

Al Biatu Sholihah
Yaitu lingkungan yang kondusif untuk iman Anda. Rasulullah menganjurkan untuk bergaul dengan orang-orang saleh atau salehah yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila Anda salah.

Al Maalul Halal (Harta yang Halal)
Bukan banyaknya harta, tapi halalnya harta yang dimiliki. Harta yang halal akan menjauhkan setan dari hati. Hati menjadi bersih, suci dan kokoh sehingga memberi ketenangan dalam hidup. Berbahagialah orang yang selalu menjaga kehalalan hartanya dengan teliti.

Tafaqquh Fid Dien (Semangat untuk Memahami Agama)
Dengan belajar ilmu agama, akan semakin cinta kepada agama dan semakin tinggi kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Cinta inilah yang akan memberi cahaya bagi hatinya.

Umur yang Berkah
Yakni, umur yang semakin tua semakin saleh. Setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Allah SWT Sang Maha Pencipta. Inilah semangat hidup orang-orang yang berkah umurnya. Berbahagialah orang-orang yang umurnya berkah.

Oleh karena itu, semoga Allah SWT mengaruniakan kepada Anda tujuh indikator kebahagiaan hidup di dunia, sehingga hidup Anda bahagia, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Aamiin. Wallahu A'lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.