Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 2 Jenis Taubat yang Terlambat Dilakukan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 2 Jenis Taubat yang Terlambat Dilakukan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, entah kesalahan kecil ataupun besar. Sebesar apapun dosa dan kesalahan yang dilakukan seorang hamba, selagi ia mau bertaubat dengan sungguh-sungguh, menyesali dosanya dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi, niscaya Allah akan mengampuni semua dosa yang pernah dilakukannya itu.

Karena, Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penerima . Pintu ampunan Allah akan selalu terbuka bagi hamba-Nya yang ingin menyucikan diri dengan mengharap ampunan-Nya. Akan tetapi, ada waktu dimana pintu taubat itu ditutup dan ampunan tidak lagi diberikan. Sehingga taubat yang dilakukan menjadi terlambat.

Bahkan, iman dan amal seseorang tidak lagi berguna pada saat itu. Dengan demikian manusia benar-benar dalam kerugian yang sangat besar. Lantas kapankah saat itu?.

Taubat Ketika Matahari Telah Terbit Dari Arah Terbenamnya
Rasulullah menyebutkan bahwa ketika matahari telah terbit dari arah terbenamnya, maka hal itu merupakan tanda atau isyarat akan segera terjadi kiamat. Dimana dunia akan hancur dan kehidupan berakhir.

Pada saat itu pula lah pintu taubat akan ditutup dan iman serta amal seseorang (yang belum beriman dan beramal) tidak lagi berguna. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya, apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya itu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian dalam surah Al-An'am ayat 158, Allah SWT berfirman bahwa, “Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)”.

Taubat Ketika Sakaratul Maut

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.