Umur Berapa Anak Boleh Ditinggal Sendirian di Rumah?

Avatar of PortalMadura.com
Umur Berapa Anak Boleh Ditinggal Sendirian di Rumah
Ilustrasi (theAsianparent)

PortalMadura.Com – Meninggalkan dalam waktu yang cukup lama tentu akan membuat orang tua khawatir dan cemas. Apalagi tidak ada pengasuh atau keluarga lain yang menjaganya.

Namun, saat pekerjaan begitu mendesak dan mendadak mau tidak mau Anda harus meninggalkannya sendiri. Nah, agar Anda masih bisa mengatur antara pekerjaan dan memikirkan anak di rumah ada hal yang perlu dipertimbangkan.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan?. Cari tahu jawabannya berikut ini:

Usia Berapa Anak Boleh Ditinggal Sendirian di Rumah?
Tidak bisa disangkal, sembarangan meninggalkan anak sendirian di rumah adalah hal yang sangat berisiko. Mulai dari menonton siaran TV yang tidak sesuai usianya, merusak perabotan rumah tangga, sampai berbagai skenario kasus terburuk yang mengancam keselamatannya, seperti kecelakaan kebocoran gas atau mengizinkan orang asing masuk ke rumah.

Lantas, kapan usia yang dapat memegang tanggung jawab untuk menjaga rumah sendirian?. Dilansir dari laman Kids Health, setiap anak akan siap dengan “tugas jaga rumah” pada usia yang berbeda-beda. Namun umumnya meninggalkan anak usia di bawah 10 tahun sendirian di rumah bukanlah tindakan yang tepat. Pada usia ini, mereka belum bisa menjaga keamanan dan keselamatan dirinya sendiri dengan baik. Mereka masih membutuhkan pengawasan orang dewasa untuk menjaganya.

Orang tua sudah boleh memercayakan anak mereka menjaga rumah mulai sekitar usia sekolah menengah, tapi awalnya hanya untuk beberapa jam saja. Anak umumnya sudah bisa diandalkan untuk menjaga rumah sendirian hingga berhari-hari sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri ketika usianya sudah mencapai 16 tahun atau lebih.

Mengarahkan Anak Supaya Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah
Meninggalkan anak sendirian di rumah berarti memberikan tanggung jawab yang besar pada anak. Bukan hanya keselamatan dirinya, namun juga keamanan rumah. Untuk itu, Anda perlu melatih kesiapan anak dalam hal ini.

Anda bisa memulainya dari tugas-tugas yang sederhana, seperti menyuruhnya membeli sesuatu ke warung dekat rumah, sampai menyuruhnya membeli sesuatu ke toko yang jaraknya lebih jauh. Tugas-tugas tersebut akan membangun keberanian dan meningkatkan rasa percaya diri anak untuk mengandalkan dirinya sendiri pada berbagai situasi.

Baca Juga: Bunda, Ini 4 Cara Cerdas Buat Anak Betah di Rumah

Selain usia, meninggalkan anak sendirian di rumah perlu pertimbangan. Salah satunya bagaimana anak Anda menunjukkan tanggung jawabnya, misalnya dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dan sekolah dengan baik sesuai arahan, tetap tenang dan bisa menangani situasi yang tidak terduga atau tidak sesuai rencana.

Sebelum Anda pergi, pastikan Anda memberi tahu beberapa hal yang mungkin berguna selama anak sendirian di dalam rumah, seperti:

1. Cara mengunci atau membuka kunci pintu.
2. Cara menyalakan atau mematikan lampu, perangkat listrik, atau perabotan rumah tangga lainnya.
3. Tahu nomor telepon darurat yang harus dihubungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Tegaskan aturan seperti tidak boleh membawa masuk orang asing, selalu memberi kabar lewat pesan singkat atau telepon, waktu untuk tidur, makan, mengerjakan pr, dan nonton televisi, dan penggunaan obat-obatan P3K.
5. Ingatkan untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan membereskan kembali benda-benda yang sudah digunakan.
6. Tempat penyimpanan uang saku, persediaan makanan, atau kunci pintu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.