Unija Raih Kampus Hijau Nasional dan Dunia Versi UI GreenMetric

  • Bagikan
Unija Raih Kampus Hijau Nasional dan Dunia Versi UI GreenMetric
Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman (Ist)

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, meraih status sebagai kampus hijau versi Universitas Indonesia GreenMetric di tahun 2021.

Skala nasional, Unija berada pada peringkat ke-79 dari 101 perguruan tinggi di Indonesia dan peringkat ke-824 dari 956 kampus di dunia.

79 824

“Penilaian itu fokus pada kampus ramah lingkungan. Jadi, semua kebijakan kami itu selalu mengarah pada terciptanya ramah lingkungan,” terang Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman, Rabu (22/12/2021).

Menurut dia, penilaian kampus ramah lingkungan yang dilakukan Universitas Indonesia GreenMetric berlangsung setiap tahun. “Kami sangat bersyukur dengan raihan sebagai kampus ramah lingkungan,” katanya.

Dulu, kata dia, di lingkungan kampus Unija gersang. Namun, dengan pola kebijakan agar menjadi kampus ramah lingkungan akhirnya terbukti. “Jadi, harapan saya, Wiraraja ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan kampus dan masyarakat umum,” ujarnya.

Menyelematkan lingkungan menjadi hijau, kata dia, berarti berdampak positif pada paru-paru dunia. “Keberadaan kampus hijau ini hendaknya sama-sama menjaga dan terus ditingkatkan untuk menyelamatkan kita sendiri dan masyarakat,” katanya.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.