Unik dan Menghibur, Gerak Jalan Tradisional Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Unik dan Menghibur, Gerak Jalan Tradisional Sumenep
Salah satu regu gerak jalan tradisional Sumenep 2018. (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

PortalMadura.Com, Bupati Cup Tahun 2018 berlangsung di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (24/11/2018) malam.

Gerak jalan yang dilombakan itu dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2018 bertajuk “Membara Dalam Berkarya”.

Setiap regu (tim) terdiri dari 11 orang. Mereka bebas mengenakan kostum. Dari pakaian olahraga biasa hingga bernuansa kedaerahan, bahkan ada yang bernuansa pahlawan.

Para peserta gerak jalan tradisional yang dilepas dari depan rumah dinas Bupati Sumenep oleh Sekdakab Edy Rasyadi dan finish sisi timur Taman Bunga Sumenep itu, harus menempuh jarak 10 KM.

Pihak panitia, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep menyediakan hadiah total Rp20 juta dan dua unit sepeda motor.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Sumenep, Edy Rasyadi menjelaskan, gerak jalan tradisional adalah salah satu cara dalam usaha melestarikan tradisi yang dimiliki Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, bukan juara yang harus dituntut oleh para peserta lomba gerak jalan tradisional, namun kekompakan yang harus ditunjukkan, karena dengan kebersamaan dan kekompakan maka kesuksesan akan diraih.

“Dengan kesuksesan itu, maka kemajuan akan tercapai. Bagitu juga dalam mengisi pembangunan, yakni harus memadukan berbagai gerak dan peran,” katanya.

Ia menegaskan, bahwa pemerintah daerah tidak dapat membangun tanpa sentuhan dan gerak bersama masyarakat agar kemajuan itu bisa dicapai.

“Dari gerak jalan ini, adalah contoh yang dapat diterapkan dalam mendukung pembangunan Sumenep agar lebih baik lagi kedepannya dan penuh kebersamaan,” tandasnya.

Unik dan Menghibur, Gerak Jalan Tradisional Sumenep
Salah satu regu gerak jalan tradisional Sumenep 2018. (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto menjelaskan, gerak jalan tradisional yang dananya bersumber dari APBD itu bertujuan untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai kepahlawanan serta semangat para pemuda.

“Selain memang untuk menghibur warga Sumenep,” terangnya.

Pihaknya akan memilih 12 pemenang, yakni 6 regu putra dan 6 regu putri dengan berdasarkan hasil penilaian tim juri.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.