oleh

Usai Libur Lebaran, Cegah Penyakit dengan 8 Cara Ini

PortalMadura.Com – Lebaran menjadi satu momen untuk berkumpul dengan keluarga. Selain itu, agenda silaturrahmi ke sanak saudara tentu membutuhkan energi dan waktu. Belum lagi jika menempuh jarak yang jauh.

Selain itu, menyantap menu lebaran yang kebanyakan berlemak juga bisa menjadi indikasi munculnya penyakit pasca lebaran. Oleh karena itu, lakukan upaya pencegahan terhadap penyakit setelah lebaran. Apa saja yang perlu dilakukan?

Berikut penjelasannya:

1. Banyak minum, paling tidak lebih dari 2 liter per harinya.

2. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3. Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak.

4. Hindari camilan yang mengandung cokelat,keju dan berlemak. Pasalnya lemak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.

5. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa camilan (kue lebaran) dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar.

Baca Juga: Begini Kronologi Bocah 7 Tahun Tewas Tenggelam di Pemandian TSI Batuan Sumenep

6. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.

7. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 servings saat makan pagi,siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut.

8. Usahakan tidur minimal 6 jam, sehingga tubuh dan pikiran dapat kembali segar. Demikian 8 tips jitu cegah penyakit usai Lebaran.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar