Usia Bertambah, Ini 4 Cara Agar Tidak Terkena Alzheimer

Avatar of PortalMadura.Com
Usia Bertambah, Ini 4 Cara Agar Tidak Terkena Alzheimer
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar orang masih belum begitu peduli dengan yang dapat menyerang siapa saja, terutama wanita. Kita tahu bahwa penyakit yang menyerang otak ini adalah organ vital yang memengaruhi banyak kegitan sehari-hari. Selain itu penyakit tersebut timbul bukan karena bertambahnya umur seperti yang sebagian besar orang kira, namun penyakit kognitif ini bisa timbul bahkan bila Anda tidak terlalu tua.

Richard Isaacson, M.D., director Alzheimer's Prevention Clinic di Weill Cornell Medical Center, New York City mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan wanita untuk mencegah Alzheimer.

1. Aktif Bergerak

Cara sederhana yang bisa dilakukan setiap wanita untuk mencegah Alzheimer adalah dengan olahraga. Aktivitas fisik mampu membersihkan zat yang disebut amiloid, yang diyakini menumpuk dan ‘menekan otak' sehingga berkembang menjadi Alzheimer.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology mengungkapkan bahwa semakin rajin bergerak, semakin baik otak di masa depan. Baik itu jalan kaki, jogging, zumba, yoga atau nge-dance biasa di rumah sambil mendengarkan musik, hal tersebut bisa menjaga sel otak tetap aktif.

2. Membaca buku dan bermain game

Beruntung bila Anda memiliki hobi membaca buku dan main game, karena hal tersebut mengasah otak. Otak terbiasa digunakan untuk berpikir kritis, imajinatif dan bekerja terus sehingga tetap aktif, dan itu yang bisa jadi cara pencegahan Alzheimer.

Selain itu, menggunakan otak di setiap waktu luang dan dalam keadaan rileks tidak hanya jadi cara untuk melepaskan stres tetapi juga untuk menjaga kesehatan otak awet muda.

3. Tidur cukup

Jangan sepelekan waktu tidur yang kurang setiap malamnya. Kebiasaan begadang dan kurang tidur bukan hanya menyebabkan suasana hati yang buruk dan menurunnya kinerja organ-organ tubuh, tetapi juga perlahan hal tersebut mampu mengembangkan penyakit Alzheimer.

Sel-sel otak yang tidak mendapatkan istirahat cukup dan waktu untuk meregenerasi dengan yang baru akan menyebabkan gangguan karena banyak menumpuk racun.

4. Pola makan sehat jaga kesehatan jantung

Perlu Anda ketahui bahwa menjaga kesehatan jantung ternyata bisa juga berpengaruh positif terhadap kesehatan otak loh. Kurangi makanan berkolesterol, daging dan segala macam makanan olahan berlemak yang menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga bisa menjauhkan dari penyakit Alzheimer dari tubuh Anda.

Nah, dari sekarang lakukanlah diet sehat untuk menjaga kesehatan jantung yang juga sekaligus jadi cara menjaga otak.

Memang, Alzheimer lebih sering menyerang saat usia lanjut, terutama pada wanita. Namun bukan berarti anda mengabaikan hal tersebut, tetap jaga kesehatan diri di usia muda Anda agar tidak menyesal bila hari tua nanti.(vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.