oleh

Vandroid X7, Tablet Android Rp1 Jutaan Dari Advan

PortalMadura.com- Produsen Smarphone okal Advan kembali meluncurkan Tablet Android terbarunya di awal bulan ini. Melalui seri terbaru Vandroid X7, Advan bekerja sama dengan Intel yang mengusung prosesor seri terbaru mereka di dalamnya.

Vandroid X7 memiliki layar 7 inci qHD beresolusi 1024 x 600 piksel, prosesor 64-bit Intel Atom quad-core 1.0 Ghz, dan telah menggunakan OS Android 5.1 Lollipop. Sepertinya Advan tengah menyasar penggemar game dan pelajar.

Sayangya beberapa spesifikasi lain Vandroid x7 terbilang biasa, jika dibandingkan dengan Tablet sejenis yang ada di pasaran.

Vandroid x7 hanya menggunakan RAM dengan kapasitas 1 GB, memori internal 8 GB, kapasitas baterai 2.500 mAh, dan kamera belakang 2 MP serta kamera depan VGA. dan urusan konektivitas Advan masih mengusung 3G, padahal vendor lainnya rata-rata telah hadir dengan dukungan 4G.

Tjandra Lianto Marketing Director di acara serupa menambahkan bahwa Advan tertinggal dalam penyediaan perangkat 4G dan mereka masih menggodok kesiapan untuk perangkat di jaringan ini. Sayangnya, ia tidak menyebutkan kapan pastinya Advan akan meluncurkan produk dengan dukungan 4G.

Michael Edward dari International Data Corporation (IDC) juga menambahkan bahwa di awal tahun 2015 pasar tablet cukup berat, tapi di kuartal kedua penjualan kembali ke angka 1,5 juta unit yang hampir mendekati dengan 2014 sebesar 1,2 juta unit.

“Intel masih fokus untuk mengembangkan tablet. Pada kuartal keempat 2014 pertumbuhan tablet mulai terlihat dan diperkirakan 2015 masih akan terdapat kenaikan. Dari tahun 2014 hingga 2015 diperkirakan akan ada kenaikan sebesar 8 persen. Sedangkan produk yang mulai terlihat pertumbuhannya adalah tablet 7 inci” ungkap Michael Edward.

Menurut Tjandra, Advan sendiri akan fokus pada pengembangan penunjang pendidikan bagi para pelajar. Langkah awal yang diambil adalah dengan menyajikan AdOS (Advan OS) yang memberikan aplikasi sarat dengan konten pendidikan dan keamanan bagi para orang tua.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa langkah ini diambil untuk melebarkan pasar tablet yang menjadi kekuatan dari Advan selama ini.

Bila melihat spesifikasi dan harga yang dipatok, rasanya Advan akan mengalami kendala untuk meningkatkan penjualan, mengingat seri ini terbilang hadir dengan spesifikasi yang kalah bila dibandingkan vendor lainnya. Beberapa di antaranya adalah Lenovo A3300 yang dipatok di kisaran harga Rp1,5 juta dan Samsung Tab 3V di kisaran harga Rp1,8 juta. (id.techinasia.com/fir)

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.