Vetiver, Sejenis Rumput yang Punya Sederet Manfaat untuk Kulit

  • Bagikan
Vetiver,-Sejenis-Rumbut-yang-Punya-5-Manfaat-untuk-Kulit
Ilustrasi (infopena.com)

PortalMadura.Com – Segala hal yang memiliki banyak manfaat di muka bumi ini tidak hanya terletak pada buah-buahan, sayur ataupun biji-bijian yang ada di dalam tanah, sejenis rumput pun juga tidak kalah khasiatnya. Ya, vetiver contohnya.

Sejenis rumput yang berasal dari India ini mempunyai senyawa aromatik yang biasanya digunakan sebagai aroma terapi untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh. Rumput ini umumnya tumbuh dengan baik, bahkan dalam cuaca panas terik sekalipun ia tumbuh sendiri tanpa perawatan.

Selain sebagai relaksasi, ternyata vetiver ini juga bisa Anda gunakan sebagai perawatan. Pasalnya, kandungan di dalamnya itu bisa bikin kulit lebih sehat. Lantas, apa saja manfaat lain dari vetiver yang tidak Anda ketahui?. Berikut selengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (29/10/2021) dari laman Popmama.com:

Melembapkan Kulit dan Menguncinya

Kulit yang sehat ditandai dengan kulit yang terasa lembap karena terhidrasi dengan baik sehingga kulit menjadi lebih lembap. Tentunya Anda tidak ingin memilik kulit yang terasa kering dan bersisik bukan?.

Vetiver dapat digunakan untuk menghidrasi dan melembapkan kulit tanpa perlu merasa khawatir akan membentuk lapisan minyak. Selain memberikan kelembapan, vetiver juga dapat menjaga kelembapan selama berjam-jam tanpa menyebabkan rasa lengket pada kulit.

Mengecilkan Pori-pori dan Mengurangi Minyak Berlebih

Vetiver dianggap sebagai zat alami yang dikenal dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan membersihkan pori-pori. Tidak hanya itu saja, pori-pori yang membesar akibat kotoran yang menempel akan menjadi lebih kecil dengan menggunakan vetiver sehingga akan mengurangi potensi munculnya komedo.

Selain itu, vetiver juga dapat membantu untuk mengontrol produksi minyak yang ada pada kulit sehingga tidak akan membuat kulit terlihat berminyak dan kusam.

Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan memang tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa menundanya dengan melakukan berbagai macam perawatan, salah satunya adalah dengan menggunakan vetiver. Karena kaya akan antioksidan, vetiver dapat bekerja secara efektif untuk menghilangkan racun dan radikal bebas pada kulit.

Tanda-tanda umum terjadinya penuaan dini adalah munculnya gari-garis halus, pigmentasi, perubahan warna kulit, dan yang lainnya. Selain itu, vetiver dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembap sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

Meratakan Warna Kulit

Memiliki warna kulit yang tidak merata tentunya akan mengganggu penampilan dan membuat rasa tidak percaya diri muncul. Warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah paparan debu dan juga polusi.

Vetiver dapat berfungsi untuk mengurangi noda hitam atau bekas luka pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, vetiver akan membantu untuk memberikan nutrisi untuk kulit dan membantu proses regenerasi kulit dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang baru.

Mengurangi Peradangan Kulit

Karena memiliki sifat mendinginkan, vetiver dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan pada kulit. Vetiver dapat membantu untuk mengurangi rasa terbakar pada kuli dan juga meredakan kemerahan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Peradangan yang di sebabkan oleh jerawat atau paparan sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan vetiver. Anda tidak perlu merasa takut kulit akan mengalami iritasi karena vetiver memiliki formula yang lembut di kulit.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan vetiver untuk perawatan kulit. Vetiver sendiri bisa Anda rasakan manfaatnya melalui berbagai macam cara seperti produk skincare atau face oil. Jadi, apakah Anda mau coba untuk menggunakannya?.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.