oleh

Video Anjing Viral, Diny: Ajak Jalan-jalan Anjing Sekedar Refreshing

PortalMadura.Com, Sumenep – Video pendek yang sempat viral bergambar anjing karena ada di Taman Bunga (TB) Sumenep, Madura, Jawa Timur, ternyata dalam usaha proses pemulihan kebugaran oleh dokter hewan.

“Anjing yang saya bawa adalah sebelumnya sakit. Kemarin itu diajak ‘jalan-jalan’ karena sudah sehat,” kata Diny, warga Desa Kolor, Sumenep, pada PortalMadura.Com, Rabu (27/1/2021).

Ibaratnya, kata dia, seperti orang baru sembuh dari sakit yang butuh stimulus atau rangsangan agar ada semangat baru. Sebab, sebelumnya jarang dilakukan oleh pemiliknya.

Menurut istri dokter hewan di Sumenep ini, anjing itu tidak sekadar diberi makan dan diobati, tapi butuh rangsangan. “Pasca itu, alhamdulillah perkembangannya makin baik,” jelasnya.

Diakui, saat di Taman Bunga (TB) banyak yang bertanya macam-macam. “Gak gigit tante?. Saya jawab tidak,” ujarnya.

Bahkan, ada yang bertanya, “Bagaimana, ini kan najis?”. Ia pun berusaha menjelaskan sesuai dengan ajaran Islam yang ia anut, bahwa anjing memang najis.

“Saya [orang muslim] juga menjelaskan cara membersihkan najis anjing. Pakai debu yang pertama hingga tujuh kali basuhan. Ingat ya tujuh kali basuhan. Yang saya tahu seperti itu [dalam Islam],” tandasnya.

“Salah saya dimana?. Saya profesional kerja. Saya tidak memelihara anjing, saya membantu proses pemulihan kebugaran anjing milik warga Sumenep,” katanya kembali menegaskan.

Pihaknya tidak mempunyai niat apapun selain hanya untuk proses pemulihan kebugaran anjing yang juga ciptaan Allah.

“Saya ajak anjing jalan-jalan sekadar refreshing karena baru sembuh dari sakit dan biar anjing gak gampang stres serta nafsu makan naik. Saya kan istri dokter hewan. Itu saja, gak bermaksud apa-apa,” ungkapnya.

Protes netizen setelah videonya viral dinilai sangat merugikan dirinya dan keluarganya. Padahal, ada di Taman Bunga hanya kurang lebih 1 jam.

“Mengajak anjing ‘jalan-jalan’ hanya untuk stimulus agar proses pemulihan kebugaran lebih cepat. Biar anjing itu punya semangat. Insting anjing itu kan kuat,” terangnya.

Hasilnya, kata dia, anjing tersebut sampai saat ini sehat dan nafsu makannya luar biasa. “Itu saja, gak ada tujuan lain,” pungkasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar