Visit Sumenep 2018, Pemkab Janji Patenkan Karya Seni Ukir Karduluk

Avatar of PortalMadura.Com
portal madura berita madura terkini

PortalMadura.Com, – Mengawali program tahun kunjungan wisata ( 2018) Pemerintah Daerah setempat menggelar dan Pameran Seni Ukir, di Lapangan Karduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (31/1/2018).

Kegiatan yang melibatkan sedikitnya 652 perajin seni ukir tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi seni ukir baik ditingkat nasional maupun internasional dalam upaya meningkatkan kesejehteraan masyarakat.

“Selama ini, karya seni ukir warga Karduluk sering diklaim orang luar. Maka perlu untuk dipatenkan. Jadi, kita akan usahakan mematenkan karya seni ukir Karduluk ini, sehingga tidak lagi diakui orang luar,” tegas Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

Melalui Sumenep Mengukir, kedepannya diharapkan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung seiring dengan program tahun kunjungan wisata yang sedang digarap oleh pemerintah daerah.

“Seni ukir Karduluk sudah familiar di dalam negeri, tinggal promosi ke dunia internasional yang perlu digarap dengan baik kedepannya, sehingga perekonomian masyarakat terus semakin meningkat,” katanya.

https://youtu.be/1SMkSPL5U9s

Pihaknya optimis, akan banyak berdatangan para wisatawan mancanegara ke sentra ukir , karena even pada program Visit Sumenep sangat banyak.

Ia pun berharap, agar semua pihak bau membawa dan tetap melestarikan seni ukir Karduluk. “Namanya juga jangan diubah, tetap ukiran Karduluk. Dari Karduluk untuk Sumenep, dari Karduluk untuk Indonesia dan untuk Dunia,” tandasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.