Wabup Sumenep Apresiasi Lomba Musik Tongtong Tradisional Kecamatan Batuputih

Avatar of PortalMadura.com
Achmad Fauzi berbaur dengan peserta lomba tongtong
Achmad Fauzi berbaur dengan peserta lomba tongtong
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengapresiasi lomba musik tongtong tradisional Kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Saya salut dan mengapresiasi kegiatan ini. Mungkin satu-satunya kecamatan yang menggelar lomba musik tongtong pada malam bulan Ramadan,” kata Fauzi saat sambutan pelepasan musik tongtong tradisional, Senin (19/6/2017) malam.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan seni budaya yang dimiliki masyarakat Batuputih terjaga dengan baik. “Ini sangat positif dalam usaha menjaga budaya yang ada,” ujarnya.

Lomba musik tongtong tradisional tersebut diselenggarakan oleh pihak Kecamatan Batuputih yang diikuti oleh semua desa, UPT, lembaga pendidikan, dan desa-desa tetangga, seperti dari Kecamatan Manding, Sumenep.

“Sudah tiga tahun kami melaksanakan kegiatan semacam ini. Setiap tahunnya, pesertanya selalu bertambah. Tahun ini mencapai 36 group musik tongtong. Setiap desa mayoritas mengirimkan dua group,” terang Camat Batuputih, Sumenep, Purwo Edi Prawito, SSTP.

Baca Juga:  Porprov Jatim, Cabor Angkat Besi Sumenep Borong 2 Medali Perak & Perunggu

Penampilan peserta lomba musik tongtong kali ini, memiliki kreasi masing-masing. Bahkan, ada yang kolaborasi musik tongtong dengam silat (bela diri), tarian tradisional dengan nuansa musik islami. Namun, tetap menjaga ciri khas tongtong tradisional.

Kembang api juga mewarnai lomba. Tidak sedikit dari peserta yang melepaskan kembang api sehingga menambah kemeriahan lomba tersebut.

Ribuan warga yang datang dari berbagai desa di Kecamatan Batuputih, Sumenep tumplek di jalanan. Akses jalan utama Batuputih macet total. Arus lalu lintas dialihkan pada jalan alternatif.

Aparat kepolisian dan TNI berbaur bersama masyarakat untuk menjaga keamanan dan kesuksesan acara tersebut.(Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.