Wabup Sumenep Gagas Gerakan Donor Darah

Avatar of PortalMadura.Com
Wabup Sumenep Gagas Gerakan Donor Darah
dok. Achmad Fauzi

PortalMadura.Com, Sumenep – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak bisa memenuhi kebutuhan darah pasien. Akibatnya, pasien terpaksa mencari darah keluar.

“Agar kebutuhan darah bisa terpenuhi, perlu adanya gerakan donor darah yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Sumenep,” terang Wakil Bupati Sumenep, , Senin (7/3/2016).

Tidak terpenuhinya darah di Sumenep itu setelah Wabup mengunjungi RSD Moh Anwar setempat. Direktur rumah sakit mengeluhkan  kekurangan darah tersebut.

“Saya sudah komunikasikan dengan pak Sekda. Tinggal bagaimana penjadwalan donor darah tersebut. Sebab, kalau tidak ada gerakan donor darah, pasti kebutuhan pasien tidak akan terpenuhi,” katanya.

Selama ini, lanjutnya, keluarga pasien yang sedang membutuhkan darah harus mencari darah ke luar atau mencari ke perorangan karena di PMI kosong.

“Kalau sudah mencari keluar, pasti membutuhkan biaya yang lebih mahal lagi,” ucapnya.

Setelah gerakan donor darah berjalan, harus ada bank darah di rumah sakit daerah sebagai tempat penyimpanan.

“Nanti harus ada bank darah di rumah sakit. Pelaksanaan donor darah pun dilakukan oleh pihak rumah sakit,” tukasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.