oleh

Waduh! Ratusan Galian C di Pamekasan Ilegal

PortalMadura.Com, Pamekasan – Ratusan galian C di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tidak mengantongi izin dari pemerintah. Mereka melakukan penebangan secara ilegal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Amin Jabir mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat banyak perihal maraknya penebangan batu secara ilegal, karena hal tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Terdapat 350 galian C yang tidak berizin, tetapi kami tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu menjadi tanggung jawab pemprov,” kata Jabir, Kamis (13/2/2020).

Menurut Jabir, pihaknya hanya sebatas melakukan pembinaan agar masyarakat tidak melakukan penebangan secara ilegal. Selain melanggar aturan, tindakan itu juga akan membayakan keselamatan masyarakat.

Baca Juga: Pendaftar Haji di Sumenep Capai 30 Orang Setiap Hari, Daftar Tunggu 29 Tahun

“Pembinaan tanggung jawab bagian perekonomian dan pengendalian tangung jawab kami, semoga tidak ada lagi masyarakat yang melakukan penebangan secara ilegal,” harap dia.

Anggota DPRD Pamekasan, Ali Maskur menyampaikan, pemerintah harus melakukan tindakan konkret adanya galian C tersebut. Sebab, selain merusak lingkungan, penambangan secara ilegal itu juga merusak lingkungan. Sehingga kondisi tersebut harus menjadi perhatian serius pemerintah.

Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE