Waduh! Ternyata 7 Makanan Sehari-hari Ini Beracun

Avatar of PortalMadura.com
Waduh! Ternyata 7 Makanan Sehari-hari Ini Beracun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Manusia tidak akan bisa hidup lama tanpa mengonsumsi makanan. Karena makanan menjadi sumber energi yang bisa menunjang keberlangsungan hidup seseorang. Tapi apapun yang dimakan, perlu untuk dikontrol agar tidak menimbulkan kecerobohan yang berakibat pada keracunan.

Pasalnya, ada beberapa jenis yang tanpa disadari bisa membunuh Anda jika tidak diperhatikan betul-betul. Makanan apa saja itu?. Berikut daftarnya:

Tomat
Mulai dari mentah hingga matang, tomat selalu menjadi bagian penting dari menu makanan Anda. Banyak dari Anda yang tidak sadar kalau tomat mengandung bernama glycoalkaloid yang ditemukan di daunnya.

Kacang
Cemilan ringan ini sangat cocok untuk menemani menonton pertandingan sepak bola. Kacang mentah bahkan masih aman dikonsumsi meski mengandung jamur yang disebut Aspergillus Flavus yang menghasilkan zat kimia yang disebut aflatoxin.

Zat kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan parah pada kesehatan. Paling parah adalah anafilaksis, yang dapat menyebabkan penyempitan parah pada saluran udara, syok, dan kehilangan kesadaran. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS), aflatoxin juga dapat menyebabkan kerusakan parah pada hati.

Kerang
Alergi pada kerang laut merupakan respon sistem tubuh pada protein yang berbahaya. Alergi paling berbahaya adalah anafilaksis. Tenggorokan yang bengkak, syok, dan pusing adalah gejala awal yang membutuhkan penanganan medis akibat alergi tersebut.

Kentang
Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi faktanya kentang sangat beracun pada bagian batang dan daun. Meski kasus keracunan kentang sangat jarang ditemui, tidak menutup kemungkinan juga untuk terjadi. Kentang hijau atau daun kentang dapat mengakibatkan kematian.

Almond
Anda sepakat kalau almond memiliki banyak nutrisi, tetapi juga penuh racun. Dalam bentuk mentah, almond pahit mengandung sianida. Sudah tidak perlu dijelaskan bukan dampak sianida bagi tubuh?. Mematikan sudah pasti.

Jamur
Ada beberapa jamur yang aman dikonsumsi dan ada juga yang tidak karena memang beracun. Jamur webcaps dan conocybe filaris adalah dua jenis jamur beracun yang mematikan serta tidak layak untuk dikonsumsi.

Kacang Merah
Kacang merah mentah mengandung racun bernama lektin yang dapat membunuh sistem pencernaan di perut. Karena itu, tidak disarankan mengonsumsi kacang merah saat masih mentah. (merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.