PortalMadura.com

Wahai Orang Tua, Ini Pentingnya Ajarkan Anak Minta Izin Masuk Kamar Anda

  • Sabtu, 8 Juli 2017 | 17:00
Wahai Orang Tua, Ini Pentingnya Ajarkan Anak Minta Izin Masuk Kamar Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pembelajaran pertama yang didapat anak adalah di dalam keluarga. Oleh karena itu, setiap keluarga harus mengajarkan akhlak yang mulia dimulai dari dalam rumah agar menjadi kebiasaan apabila sudah dewasa nanti.

Yang dimaksud dengan akhlak mulia yaitu adab minta izin setiap akan masuk kamar anggota keluarga yang lain. Subhanallah, nampaknya sederhana, tapi justru dari sini tiga hal penting akan terbangun.

Pertama, hidupnya perasaan sensitif pada pelanggaran aturan. Bahwa sekalipun di dalam rumah sendiri, bersama orang tua, atau kerabat dekat, bukan berarti bebas sebebasnya. Masih ada batasan yang harus dijaga.

Kedua, terjaganya kehormatan. Islam bukan sekadar aturan hidup jasmaniah, melainkan juga aturan moral untuk menjaga kehormatan manusia. Ini bedanya Islam dengan aturan yang dibuat manusia pada umumnya. Di Barat, kehidupan bisa dikatakan teratur, bersih, dan disiplin. Tetapi mereka tidak punya aturan akhlaqiyah. Bagi mereka, tidak masalah membuka aurat di mana saja, bahkan melakukan zina di tempat-tempat terbuka.

Hari Jadi Sumenep

Ketiga, terbangunnya rasa malu. Inilah yang menjaga akhlak mulia. Manusia dikatakan manusia ketika masih mempunyai rasa malu. Ketika rasa malu sudah tiada, maka yang tersisa hanya fisiknya, sementara hakikat kemanusiaannya sudah berubah jadi binatang. Islam diturunkan untuk menjaga manusia dan kemanusiaannya.

Seperti dalam ayat dibawah ini:

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah salat Isya’. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS An-Nur [24]: 58).

Dua Anggota

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional