Wajah Anda Mudah Berkeringat? Lakukan 5 Cara Ini Agar Makeup Awet

Avatar of PortalMadura.com
Wajah Anda Mudah Berkeringat Lakukan 5 Cara Ini Agar Makeup Awet
Ilustrasi (Wolipop)

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mudah berkeringat?. Entah itu saat melakukan aktivitas yang cukup banyak atau pun tidak?. Jika iya, biasanya akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Selain membuat gerah lantaran keringat yang mengucur deras, keringat berlebihan juga bisa mengganggu penampilan. Misalnya, ketika sudah berdandan cantik, tiba-tiba keringat keluar dengan begitu banyaknya, alhasil riasan akan mudah luntur, bahkan berantakan.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, karena menggunakan makeup pada wajah yang mudah keringatan layaknya seperti tidak menggunakan riasan sama sekali.

Tahukan Anda kenapa tubuh Anda berkeringat?. Keringat yang berasal dari kelenjar keringat ternyata hasil dari proses tubuh dalam menjaga suhu tubuh. Saat Anda aktif bergerak, detak jantung akan meningkat dan suhu internal tubuh akan naik.

Untuk menormalkan kembali suhu tersebut, tubuh akan menghasilkan keringat dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain aktivitas, suhu ruangan juga bisa memicu keluarnya keringat. Jika wajah Anda mudah berkeringat mungkin ini disebabkan oleh aktivitas yang Anda lakukan dan suhu udara di sekitar Anda yang tinggi.

Namun, bisa juga disebabkan oleh kondisi medis, tepatnya craniofacial hyperhidrosis (produksi keringat berlebihan yang terjadi di wajah dan kulit kepala), seperti dilansir Hellosehat.com, yang dikutip dari laman Sweat Help.

Tapi Anda tidak perlu cemas terlebih dahulu, agar hal ini tidak mengganggu Anda, ikuti beberapa tips untuk merias wajah berikut ini:

Gunakan Makeup di Saat yang Tepat

Memposisikan segala sesuatu dengan tepat memang perlu dilakukan agar usaha yang dilakukan tidak berujung sia-sia, termasuk dalam hal berdandan. Menggunakan makeup memang bisa membuat wajah Anda jadi lebih berseri. Namun, Anda harus tahu waktu yang tepat untuk merias wajah, terutama makeup tebal.

Jadi, apabila Anda berniat akan melakukan olahraga, sebaiknya tidak perlu merias wajah. Sementara, jika Anda harus bekerja di luar ruangan yang memungkinkan paparan matahari langsung, cukup pakai makeup tipis saja.

Cara menggunakan makeup ini sangat penting untuk Anda terapkan jika . Pasalnya, kulit berkeringat jika dikombinasikan dengan riasan tebal bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Saat berkeringat, pembuluh darah di sekitar wajah akan mengembang, aliran darah meningkat, dan pori-pori terbuka lebih besar. Riasan yang tebal serta keringat bisa masuk dan terperangkap di pori-pori. Akibatnya, komedo akan terbentuk dan membuat kulit jadi berjerawat.

Sebagaimana yang disampaikan oleh seorang dokter kulit di New York City, Debra Jaliman, MD, memberi tips berdandan yang aman untuk wajah yang mudah berkeringat. Agar noda di wajah tertutupi, gunakan BB cream atau CC cream yang memang ringan untuk kulit. Lalu, oleskan sedikit concealer sebagai ganti alas bedak yang tebal.

Pilih Kosmetik yang Tepat

Cara makeup untuk wajah yang berkeringat selanjutnya adalah memilih produk kosmetik yang tepat. Lalu, produk kecantikan seperti apa yang cocok bagi seseorang dengan jenis kulit mudah berkeringat?.

Baca Juga : 5 Cara Makeup Anti Luntur Meski Berkeringat

Anda sebaiknya memilih produk yang dilabeli non-comedogenic yang lebih rendah risikonya menyebabkan penyumbatan di pori-pori. Produk ini kemungkinan bisa Anda coba gunakan. Jika Anda masih merasa khawatir, lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter kulit Anda.

Hindari Berbagai Hal yang Membuat Anda Berkeringat

Selain menggunakan makeup di saat yang tepat, agar riasan Anda tidak luntur karena keringat, sebaik mungkin hindari segala hal yang membuat Anda mudah berkeringat.

Misalnya, jika sebelumnya Anda terbiasa menggunakan pakaian tebal, maka sekarang hindari memakai pakaian yang terlalu tebal dan pakai payung atau topi berdaun lebar untuk mengurangi paparan sinar matahari pada kulit.

Tidak hanya itu, pastikan juga tidak terburu-buru melakukan sesuatu yang membuat Anda bergerak cepat dan mudah berkeringat.

Jika Ingin Touch-up, Bersihkan Dulu Wajah Anda

Selanjutnya, cara menggunakan makeup untuk wajah yang mudah berkeringat yaitu dengan menjaga selalu kebersihan wajah. Selalu bawa tisu wajah ke mana pun Anda pergi. Saat menyeka keringat, tepuk-tepuk pelan kulit Anda, jangan menggosok kulit karena bisa merusak riasan.

Jika Anda memang diharuskan untuk memperbaiki riasan, ingat bersihkan dulu wajah Anda. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa membuat kulit rentan kering.

Jalani Perawatan di Dokter

Jika wajah mudah berkeringat karena masalah medis, Anda perlu melakukan perawatan ke dokter. Apabila kondisi itu yang terjadi, maka biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang bisa mengurangi produksi keringat.

Dengan begitu, keringat tidak lagi berlebihan dan merusak riasan wajah Anda. Bagaimana, sudah tahu cara berdandan yang aman meskipun berkeringat?. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.