PortalMadura.com

Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur? Atasi dengan 5 Cara Ini

  • Jumat, 24 November 2017 | 11:00
Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur? Atasi dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat bangun tidur terkadang sebagian orang mendapati wajahnya terlihat bengkak. Hal ini menjadi sesuatu yang umum terjadi. Biasanya disebabkan karena kebiasaan tidur yang salah.

Walaupun bukan merupakan suatu penyakit yang cukup serius, tapi terlihat lucu atau aneh rasanya ketika hendak bercermin. Mungkin tidak sedikit dari beberapa orang yang kemudian kaget saat melihat wajahnya yang bengkak. Nah, hal inilah yang membuat seseorang merasa kurang percaya diri saat berpenampilan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi wajah bengkak?. Coba simak tips mudah berikut ini:

Kekurangan Air
Jika tubuh Anda kekurangan air, maka pembuluh darah Anda akan membesar, terutama pada bagian perut, betis, dan wajah. Untuk mengurangi risiko ini, ada baiknya Anda minum satu gelas air sebelum tidur. Anda tidak akan lagi mendapati wajah Anda bengkak di pagi hari.

Bersihkan Wajah
Setelah pesta yang menyenangkan dan membuat lelah, seringkali Anda menjadi malas untuk membersihkan makeup di wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka keesokan harinya, wajah Anda akan bengkak. Hindari juga bahan-bahan makeup yang bisa membuat iritasi. Pastikan Anda membersihkan muka dengan air dingin dan menyekanya hingga kering.

Tidur Cukup
Anda membutuhkan tujuh hingga delapan jam untuk tidur. Hindari kafein dan teh jika Anda tidak ingin terbangun saat orang lain tidur. Angkat kepala Anda saat tidur untuk menghindari kekurangan air, dan jangan sekali-sekali mengonsumsi alkohol sebelum tidur.

Saat Anda Bangun
Mungkin ini terdengar klasik, tetapi kantong teh adalah obat yang hebat untuk menghilangkan bengkak. Letakkan pada mata selama 10-15 menit. Gunakan juga mentimun yang didinginkan pada wajah Anda selama 10 menit untuk menghilangkan bengkaknya. Anda juga bisa membenamkan wajah Anda pada semangkuk air dingin selama 10 detik.

Perhatikan Asupan Garam Anda
Kebanyakan dari Anda akan berpikir bahwa wajah yang bengkak adalah hal yang wajar. Padahal wajah yang bengkak juga bisa jadi pertanda dari masalah yang lebih serius. Bengkak juga bisa jadi salah satu gejala ‘hypothyroidism’ yang bisa menyerang para manula.

Anda juga bisa saja terkena penyakit Addison yang menyerang kelenjar adrenal dan menghentikan produksi cortisol. Alergi juga bisa menyebabkan wajah Anda membengkak. Selain itu, alasan lain yang lebih ekstrim adalah konsumsi garam yang berlebihan.

Demikian alasan di balik wajah Anda yang tiba-tiba membengkak di pagi hari dan cara-cara mengatasinya. Menjaga kebersihan wajah dan mengawasi konsumsi makanan Anda adalah hal yang penting untuk menjaga wajah tetap cerah dan cantik setiap hari. (merdeka.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional