Wajib Tahu! Ini 7 Cara Memproteksi Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
Wajib Tahu! Ini 7 Cara Memproteksi Smartphone
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini fungsi tidak hanya sebagai alat komunikasi, namun juga bisa untuk menyimpan file-file penting. Sehingga sangat penting untuk menjaga keamanan smartphone dari tangan-tangan jahil.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan atau melindungi smartphone dari orang-orang jahat. Penasaran? Berikut ini penjelasannya:

Back Up Data
Kalau selama ini Anda melindungi smartphone dari orang lain dengan screen lock, bagaimana kalau smartphone ternyata berhasil dibobol dan data di dalamnya lenyap? Oleh karenanya, segera lakukan back up data dengan rutin ke internet, misalnya di iCloud (untuk iPhone) atau Dropbox dan OneDrive (untuk Android).

Memasang Kode File
Pernahkah Anda mencoba membuka file dengan password di dalamnya? Itu berarti file tersebut telah dienkripsi sehingga hanya yang punya passwordnya yang bisa membukanya. Anda juga bisa lakukan itu pada file Anda.

Banyak aplikasi yang menawarkan layanan enkripsi file, contohnya seperti AutoKrypt. Sebelum diback up, jangan lupa file di smartphone dienkripsi juga.

Proteksi Wifi dan Bluetooth
Ternyata, hacker bisa menyerang lewat konektivitas Wifi dan Bluetooth. Artinya, Anda harus selalu mengganti kode keamanan router wifi di rumah atau ponsel pintar (kalau sering dijadikan wifi hotspot). Matikan bluetooth jika tidak digunakan dan atur bluetooth ke mode non discoverable.

Segera tolak jika menerima pop up untuk menghubungkan dengan device lain (pair with a device) yang tidak Anda ketahui.

Baca Juga: Lora Pendukung 01 dan 02 Se Madura Sepakat Tolak People Power

Tingkatkan Keamanan Saat Browsing
Anda harus hati-hati saat browsing apalagi jika sering login ke situs tertentu. Bisa-bisa akun di situs tersebut diretas karena browser menangkap history email dan password. Supaya aman, gunakan mode private di browser.

Pastikan juga Anda mengakses situs yang aman. Tanda situs yang aman yaitu adanya logo yang menandakan kalau situs dienkripsi. Lihat juga apakah URL diawali dengan ‘https', kalau ya, berarti tidak ada masalah.

Matikan Fitur Geotag
Pernahkah Anda melihat tulisan lokasi di foto yang Anda ambil? Itu tandanya, fitur geotag smartphone Anda aktif. Sebisa mungkin, matikan saja fitur jika tidak terlalu diperlukan karena hal ini bisa jadi celah bagi peretas untuk mengetahui momen dimana kamu mengambil berbagai foto.

Instal Antivirus
Seberapa banyak dari Anda yang menginstal antivirus di smartphone? Keberadaan antivirus sangat penting untuk melindungi data agar tidak rusak. Beberapa antivirus yang direkomendasikan yaitu Kaspersky, Avast, Bitdefender dan lainnya.

Remote Wipe
Jika suatu saat smartphone Anda hilang, tercuri atau berpotensi diretas datanya, dan Anda lupa melakukan back up, Anda bisa melakukan remote wipe, yaitu menghapus seluruh data dari jauh tanpa harus menggunakan smartphone yang ingin dihapus datanya.

Biasanya, layanan ini berbayar, namun ada juga yang gratis seperti AVG Mobilation Free.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.