Walaupun Pelihara Poni, Begini 5 Cara Agar Dahi Mulus Bebas Jerawat

  • Bagikan
Berponi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi seseorang yang biasa memanjangkan poninya, masalah kulit yang sering ditemui di area dahi adalah jerawat. Apalagi saat musim panas, jerawat batu ataupun beruntusan akan muncul di daerah tersebut.

Tahukah Anda apa penyebab jerawat bisa muncul di dahi?. Menurut direktur kosmetik dan riset klinis Mount Sinai Hospital New York City, Joshua Zeichner, jerawat di balik poni utamanya disebabkan karena dua hal. Pertama, karena minyak yang terakumulasi di rambut bersentuhan dengan kulit dan menyumbat pori-pori. Kedua, karena rambut ‘menjebak’ minyak yang diproduksi kulit dan membuatnya tercampur debu, kotoran, serta keringat.

Dari penyebab itu intinya masalah akan selesai jika rambut disingkirkan dari dahi. Tapi, ada sebagian orang yang tidak percaya diri jika tidak berponi. Lantas, bagaimana solusinya?.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin memanjangkan poni tanpa harus takut berjerawat:

Rajin Cuci Rambut
Terlalu sering keramas memang bisa bikin rambut kering. Tetapi kalau Anda bermasalah dengan jerawat di dahi, sebaiknya Anda tidak membiarkan rambut kotor terlalu lama. Jika Anda khawatir rambut jadi kering, setidaknya keramas poni setiap hari.

Bersihkan Wajah Secara Teratur
Membersihkan wajah jangan cuman sebelum tidur, apalagi kalau dahi cuma berjerawat. Bersihkan wajah dengan pembersih yang cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Untuk pembersih berbasis foam, sebaiknya pilih yang diperkaya dengan salicylic acid. Kandungan yang satu ini paling cocok untuk wajah berjerawat.

Sesekali ‘Bebaskan’ Dahi dari Poni
“Jika tidak diikat setiap waktu, setidaknya jangan biarkan poni menutupi rambut ketika Anda beraktivitas fisik, karena Anda lebih mudah berkeringat dan berminyak daripada biasanya,” tutur Zeichner.

Sesekali jepit poni ke atas atau gunakan bandana untuk menahannya agar tidak jatuh ke dahi.

Singkirkan Produk Styling yang Jadi Biang Jerawat
Kadang produk styling rambut juga bisa menjadi penyebab jerawat. Pasalnya produk seperti ini cenderung meninggalkan residu pada kulit, menjadikan kulit berjerawat.

Seringnya produk styling mengandung bahan-bahan yang bersifat komedogenik, jadi mudah menyumbat pori-pori.

Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Rambut
Banyak yang tanpa sadar hobi menyentuh rambutnya. Kebiasaan sepele ini juga membuat rambut lebih cepat kotor. Jika ingin jerawat jauh, hilangkan kebiasaan ini.

Jadi, apabila Anda ingin membersihkan dahi dari minyak atau keringat tanpa menyentuhnya, sebaiknya gunakan lembaran tisu atau kertas minyak. (merdeka.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.