oleh

Walaupun Tak Sakit, Ini 5 Penyebab Anda Merasa Sering Pusing

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda merasa pusing?. Jika iya, mungkin karena sakit. Bila hal itu yang terjadi maka untuk melakukan aktivitas sehari-hari akan sulit dan tidak semudah biasanya. Untuk meredakan pusing biasanya Anda perlu berbaring atau beristirahat dan minum obat bila perlu.

Namun, bagaimana jika Anda merasa pusing tapi tidak dalam keadaan sakit?. Penyebab dan alasannya bisa bermacam-macam. Kemungkinan, disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Postur Tubuh Buruk
Bila postur tubuh Anda buruk, seperti terlalu lama duduk atau berbaring dengan posisi yang tidak tepat, aliran darah ke otak bisa terhambat. Sehingga bisa mengakibatkan sakit kepala dan juga nyeri punggung. Jadi coba cek lagi aktivitas Anda sehari-hari, bisa jadi karena Anda kurang gerak atau salah menjaga posisi tubuh, Anda sering merasa pusing.

Stres dan Tertekan
Rasa cemas, stres, dan over-thinking atau kebanyakan pikiran juga bisa jadi penyebab pusing. Kenapa? Karena saat stres, hormon kortisol akan meningkat. Peningkatkan kadar kortisol inilah yang memicu sakit kepala dan gejala gangguan kesehatan lainnya.

Gangguan Pencernaan
Saatnya untuk mengecek lagi sistem pencernaan Anda. Apakah beberapa waktu terakhir mengalami gangguan pencernaan?. Saat mengalami gangguan pencernaan, kandungan asam dalam perut bisa memicu penumpukan gas dan tekanan gas berlebih ini bisa menyebabkan pusing.

Penghentian Nikotin atau Kopi
Anda sedang berusaha menghentikan kecanduan rokok atau kopi? Dalam prosesnya, Anda mungkin akan sering merasa pusing. Karena tubuh sedang mencoba menyesuaikan diri dan tidak mendapat asupan nikotin atau kafein seperti biasa maka akan muncul reaksi atau gejala yang berbeda.

Gigi Sering Gemeletuk
Punya kebiasaan menggeletukkan gigi? Ini juga bisa jadi pemicu pusing karena kebiasaan ini bisa mempengaruhi otot-otot sekitar kepala.

Kalau sakit kepala atau pusing yang dirasakan makin lama makin parah, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Agar bisa segera ditangani dengan tepat dan mencegah terjadinya kemungkinan gangguan kesehatan yang lebih buruk lagi. (vemale.com/Desy)