oleh

Wanita Hamil, Begini Cara Aman Pakai Sabuk Pengaman Mobil

PortalMadura.Com – Keberadaan sabuk pengaman bukan hanya untuk sekadar pajangan, tapi sejak dahulu sudah dianjurkan bagi setiap pengendara ataupun penumpang. Hal ini tentu bertujuan agar meminimalisir benturan saat pengereman mendadak maupun kecelakaan lalu lintas.

Jadi, sabuk pengaman merupakan perangkat keamanan yang wajib digunakan, baik untuk seluruh penumpang dan pengemudi mobil. Namun sayangnya, penggunaan sabuk pengaman ini terkadang dihindari oleh perempuan yang hamil.

Alasannya, mereka takut membahayakan atau melukai bayi yang ada di dalam kandungan. Padahal, apabila menggunakannya dengan baik dan benar, tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan ibu maupun bayinya.

Penghindaran penggunakan seat belt atau sabuk pengaman ini mengundang komentar dari American College of Obstetricians dan Gynecologists, agar para dokter memberikan nasihat kepada wanita hamil bahwa penggunaan sabuk pengaman tidak akan melukai bayi selagi pemasangannya benar dan tepat.

iklan hari santri

Baca Juga : 3 Alasan Gunakan Sabuk Pengaman Ketika Berkendara

Sebagaimana dilansir Okezone.com yang dikutip dari laman smartmotorist, bahwa ada cara penggunaan seat belt atau sabuk pengaman yang benar dan tepat serta nyaman untuk wanita hamil. Lantas, bagaimana caranya?.

Cara Aman Menggunakan Sabuk Pengaman Bagi Ibu Hamil

Langkah pertama ialah tempatkan sabuk pangkuan di bawah perut Anda, serendah mungkin di pinggul dan di atas paha Anda. Selanjutnya langkah kedua, posisikan sabuk bahu di antara payudara dan langkah terakhir ialah sesuaikan sabuk pengaman Anda senyaman mungkin.

Nah, setelah mengaplikasikan langkah-langkah seperti berikut, ada baiknya wanita hamil memastikan kembali posisi duduknya agar mendapatkan kenyamanan yang baik.

Anda tidak perlu khawatir lagi, menurut Studi Universitas Alabama, cara pemasangan sabuk pengaman seperti di atas sudah dipastikan keamanannya dan kenyamanan 72 persen.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.