oleh

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Rambut Basah

PortalMadura.Com – Rambut basah ternyata lebih rapuh daripada kering, sehingga butuh perlakuan berbeda. Salah satu hal yang perlu diketahui yaitu ketika rambut basah terdapat protein yang membentuk keratin akan membentuk ikatan hidrogen yang lebih lemah.

Oleh karena itu, ketika rambut basah jangan ditarik, ditekuk atau diperlakukan dengan kasar agar rambut tidak rusak. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (2/12/2019) dari laman fimela.com yang dikutip dari Real Simple. Berikut beberapa cara salah merawat rambut basah:

Mengurai Kusut Ketika Rambut Basah

Rambut yang kusut menjadi begitu sulit untuk diurai. Untuk mengurai helaian yang kusut jangan dilakukan ketika basah. Tunggu sampai rambut kering untuk mengurangi kemungkinan rambut rusak.

Menggunakan Sisir Lama pada Rambut Saja

Boleh saja sebenarnya karena biasanya sisir yang lama sudah memiliki tekstur yang lebih lentur. Namun, untuk menghindari rasa sakit pada rambut, rambut dibengkokkan ketika disisir

Menyikat Terlalu Agresif

Jangan terlalu keras menyisir rambut yang basah. Lebih baik selalu mulai menyisir dari ujung rambut dan naik ke atas. Sambil memegang bagian rambut yang sedang dikerjakan.

Menggosok Rambut Terlalu Keras

Bukan hanya persoalan bahan apa yang digunakan untuk mengeringkan rambut, namun lebih kepada bagaimana cara untuk mengeringkan rambut dengan aman. Meski dikatakan t-shirt merupakan bahan terbaik untuk mengeringkan rambut, namun jika digosok terlalu agresif juga akan tetap merusak rambut.

Baca Juga: 4 Bahaya Akibat Tidur dalam Kondisi Rambut Basah

Menggunakan Alat Pemanas Sebelum Benar-benar Kering

Ini menjadi kebiasaan yang menakutkan jika mengeringkan rambut dengan alat pemanas. Alat tersebut akan membuat rambut seperti dimasak.

Memasangkan Sanggul atau Kuncir Kuda

Elastisitas rambut berubah ketika basah. Rambut akan cenderung menyusut setelah kering. Sehingga sangat tidak disarankan untuk memasang sanggul atau menguncirnya. Jika rambut belum terlalu kering, lebih gunakan jepit rambut.

Mengeringkan Rambut saat Benar-benar Basah

Blow dry dinilai menjadi solusi alternatif untuk mengeringkan rambut dengan cepat tanpa membuatnya rusak. Lebih baik keringkan dengan handuk untuk menyerap air berlebih baru kemudian gunakan alat pemanas.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE