Wanita, Hindari 7 Kesalahan Ini agar Anda Tak Dicap Boros

Avatar of PortalMadura.com
Wanita, Hindari 7 Kesalahan Ini agar Anda Tak Dicap Boros
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejauh ini wanita dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam hal mengelola keuangan dibandingkan kaum laki-laki. Karena kegigihannya, dan ketelatenannya dalam mengatur keluar masuknya uang.

Tapi, tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa perempuan itu terkenal dengan sikap borosnya dalam membelanjakan uang karena kesalahan-kesalahan kecilnya.

Nah, agar Anda tidak dicap sebagai wanita yang , hindari beberapa kesalahan ini yang tanpa Anda sadari tetap dilakukan:

Hobi Berbelanja
Hobi berbelanja memang sering kali dikaitkan dengan perempuan, bahkan banyak sekali perempuan yang menjadikan belanja sebagai rutinitas. Sebenarnya, berbelanja adalah hal yang sah-sah saja dilakukan asalkan memang barang-barang tersebut adalah barang yang Anda butuhkan.

Namun, sering kali perempuan hanya “lapar mata” dan berakhir dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Berbelanja dengan lapar mata inilah yang termasuk kesalahan finansial yang sering kali dilakukan perempuan. Jika Anda tidak ingin jika gaji cepat habis, ada baiknya kurangi kebiasaan ini. Anda hanya perlu menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang kurang penting. Penting untuk memahami mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya merupakan keinginan.

Dari Awal Tidak Menetapkan Tujuan Finansial
Anda pernah merasa memiliki banyak uang, tapi tidak tahu menggunakannya untuk apa?. Bahkan, Anda tidak memiliki tujuan finansial untuk masa depan Anda?. Sebaiknya, Anda perlu mewaspadai hal ini agar jangan sampai menjadikan Anda sebagai orang yang boros karena tidak adanya tujuan keuangan.

Mulailah dengan membuat tujuan finansial yang spesifik. Anda dapat mengetahui pola pengeluaran secara detail. Dengan begitu, kondisi keuangan akan terhindar dari keterpurukan.

Tidak Buat Budget Pengeluaran
Banyak perempuan yang merasa terlalu ribet untuk membuat budget pengeluaran, terutama bagi yang tidak memahami tentang akutansi dan administrasi.

Padahal, membuat anggaran keuangan dapat membuat pengeluaran Anda menjadi lebih terkontrol. Anda bisa mulai dengan merinci anggaran setiap awal bulan sehingga lama-kelamaan kondisi keuangan menjadi lebih stabil ke depannya.

Tidak Ada Alokasi untuk Dana Cadangan
Kesalahan lainnya yang sering dilakukan wanita adalah tidak memiliki dana cadangan. Sebagian perempuan berpikir jika kehidupannya sudah sepenuhnya ditanggung suami dan kewajibannya hanyalah untuk mengurusi keluarga. Meskipun begitu, bukan berarti jika dana cadangan tidak dibutuhkan.

Dana cadangan ini akan sangat bermanfaat saat Anda berada dalam kondisi yang terdesak dan membutuhkan uang. Untuk itulah, pentingnya mempersiapkan dana cadangan dengan menyisihkan pemasukan yang ada.

Tidak Bijak dalam Pakai Kartu Kredit
Kehadiran kartu kredit memang dapat memudahkan segala transaksi meskipun kondisinya Anda tidak sedang memiliki uang sedikit pun.

Dengan adanya kartu kredit, segala barang-barang yang Anda inginkan dapat dibeli. Meskipun kelihatannya menguntungkan, jika tidak digunakan dengan bijak, malah membuat Anda merugi.

Apalagi jika sampai Anda tidak bisa membayar tagihan-tagihan bulanan yang masuk. Untuk itulah, pentingnya bersahabat dengan kartu kredit. Caranya sangat mudah. Cukup gunakan dengan bijak. Hindari menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak penting.

Khilaf Saat Jajan
Sering kali perempuan kebablasan saat sedang jajan. Karena benar-benar menyukainya, tanpa disadari dapat membuat pengeluaran menjadi terus membengkak. Bahkan, dibandingkan dengan membeli riasan ataupun baju, intensitas jajan dan makan ini memang cukup tinggi. Akibatnya, jika tidak dikontrol dengan baik, malah membuat uang bulanan semakin menipis tanpa Anda sadari.

Mulai Mengubah dari Hal-hal yang Sederhana
Kebiasaan yang rutin dilakukan kadang memang sulit untuk diubah. Cobalah untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut mulai dari hal-hal yang sederhana. Tanamkan dalam diri Anda jika kebiasaan tersebut nantinya akan berdampak buruk bagi kondisi keuangan Anda saat ini hingga di masa yang akan datang. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.