Warga Pamekasan Jalani Sumpah Pocong di Masjid Madegan Sampang

Avatar of PortalMadura.Com
Warga Pamekasan Jalani Sumpah Pocong di Masjid Madegan Sampang
Proses Sumpah Pocong di Masjid Madegan Sampang, Kamis (1/10/2018)

PortalMadura.Com, – Sering dituduh mempunyai ilmu santet, salah seorang warga Desa Sanah Tengah, Kecamatan Pasean Kabupaten , Madura, Jawa Timur harus menjalani ritual .

Ia bernama Nuruddin. Prosesi sumpah pocong dilakukan di Masjid Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang. Masjid ini dikenal sebagai tempat sumpah pocong.

Tuduhan kepada Nurudin, datang dari tetangganya sendiri, Asmi. Ia menduga Nurudin yang menyebabkan orang tua serta anaknya jatuh sakit hingga meninggal dunia.

Kepala Desa Sanah Tengah, Ach Jailani Fausi mengatakan, pihaknya sudah berupaya melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak, namun tidak kunjung berhasil.

“Saya sudah melakukan upaya untuk bisa menyelesaikan di desa supaya tidak melakukan sumpah pocong. Tapi tidak mau,” katanya.

Takmir masjid Madegan, Sampang, KH. Rohim menjelaskan, sumpah pocong merupakan solusi terakhir dalam memecahkan permasalahan, terutama terkait isu-isu santet.

“Ini sudah biasa terjadi. Bahkan, usai sumpah pocong biasanya terjadi sesuatu diluar nalar manusia. Ada juga yang jedah waktu 40 hari akan ada efek dari sumpah pocong yang dilakukan,” ujarnya.

Sementara, Nuruddin mengaku tidak mempunyai ilmu santet, sehingga dirinya berani melakukan ritual sumpah pocong.

“Saya melakukan sumpah pocong karena saya tidak mempunyai ilmu santet,” ucapnya.

Terpisah, Kapolsek Kota Sampang, Moh Iqbal Gunawan membenarkan adanya proses sumpah pocong di Masjid Madegan Kota Sampang, namum pihaknya hanya melakukan pengamana agar ritual tersebut berjalan kondusif.(Isrok/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.