oleh

Wartawan Tagih Janji Komisi I DPRD Sumenep Akan Panggil Kabag Humas Pemkab

PortalMadura.Com, Sumenep – Salah seorang wartawan yang bertugas di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Fery menagih janji Komisi I DPRD Sumenep yang akan memanggil Kabag Humas Pemkab, R Diyah Suyuti biasa disapa Didik Suyuti.

“Mana Komisi I DPRD Sumenep kok diam. Kabarnya mau memanggil Kabag Humas yang disinyalir tidak transparan dan serampangan dalam pembagian iklan media,” tegas Fery pada PortalMadura.Com, Sabtu (28/5/2016) malam.

Ia pun menuding ada sesuatu yang tidak ‘beres’ diinternal Komisi I bila sampai gagal melakukan pemanggilan terhadap Kabag Humas.

“Ini persoalan Sumenep, bukan persoalan pribadi Kabag Humas. Kalau sudah tidak benar dalam mengelola keuangan APBD apa mau dibiarkan?,” katanya dengan nada kecewa. (baca: Buntut Protes Wartawan, Ini Yang Akan Dilakukan Komisi I )

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Sumenep, Darul Hasyim Fath pada PortalMadura.Com, Rabu (18/5/2016), mengungkapkan, bahwa “Parlemen akan melakukan rasionalisasi dalam perhitungan angaran nanti sebelum APBD perubahan digelar”.

Menurutnya, insan pers adalah entitas civil society yang menjadi Pilar tegaknya demokrasi. Maka, eksekutif sebagai penerima mandat kedaulatan rakyat seyogyanya menempatkan diri pada pola komunikasi yang egaliter.

“Tidak dapat dibenarkan bila ada unsur penyelenggara pemerintahan bersikap tidak tepat peran dalam menjaga citra pemerintahan,” katanya.

Hal tersebut disampaikan seiring dengan sejumlah wartawan yang mempertanyakan alokasi anggaran iklan media di Humas Pemkab yang selama ini ditengarahi tidak tepat sasaran.

Bahkan, cenderung sarampangan dalam pembagian iklan. Bahkan, disinyalir menjadi bancaan dugaan tindak pidana korupsi. Terbukti, banyak media tidak mendapatkan iklan dan ada yang tak terbayarkan sejak tahun 2014.

Pihak Humas Pemkab pun mengakui jika dalam taraf berbenah, termasuk minimnya pemahaman terhadap pengetahuan IT yang cenderung mengenyampingkan media online.(Hartono)

Komentar