oleh

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini Sekarang Juga Pada Si Kecil!

PortalMadura.Com – Anak-anak akan bertingkah sangat lucu dan menggemaskan tak jarang banyak orang yang dibuat terhibur oleh tingkah lakunya tersebut. Tapi terkadang balita juga bertingkah yang tidak baik dan menjadi kebiasaan yang harusnya dihindari.

Apa saja kebiasaan buruk yang dilakukan oleh anak yang harus dihentikan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Menggigit Kuku

Beberapa anak menggemari kuku sebagai obyek untuk digigiti. Tahukah kamu terkadang kebiasaan ini muncul karena kecerobohan orangtua juga? Ya, ada beberapa orangtua yang sering lupa mengecek panjang pendek kuku anaknya. Ketika kuku si kecil sudah panjang dan kamu lupa memotongnya, saat itulah jadi kesempatan anakmu asyik menggigiti kuku tangannya.

Kemudian si kecil menganggap bahwa cara termudah dan tercepat memotong kuku adalah dengan menggigitnya! Menggigit kuku dapat menjadi sarana masuknya kuman ke dalam tubuh. Cara yang paling tepat agar kuku nggak jadi “makanan” favorit anakmu adalah dengan rajin memotong kukunya secara teratur. Selain itu,  jelaskan juga efek buruk bagi kesehatan akibat dari kebiasaan menggigiti kuku pada buah hatimu.

Menghisap Ibu Jari

Kebiasaan yang satu ini bisa dibilang kebiasaan yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Mengemut jempol (ibu jari) bagi beberapa anak adalah hal yang menyenangkan dan nikmat. Ini bisa jadi pengaruh saat kecil yang selalu diberi empeng. Jadi saat empeng dilepas, jempol menggantikannya. Biasanya kebiasaan menghisap jempol sudah mulai terlihat sejak bayi. Tentu kamu nggak mau kan kalau si kecil selalu menghisap jempol? Cara menghindari kebiasaan ini adalah bila bayimu sudah sering memasukkan jempolnya ke mulut, jangan pernah ragu  melepaskan jari dari mulutnya. Begitu seterusnya agar nggak jadi kebiasaan anakmu Moms.

Kebiasaan Mengupil

Tidak hanya menjijikan, jika anak mempunyai kebiasaan mengupil dapat membahayakan hidungnya. Memasukan tangan kedalam hidung dapat membuat hidung terluka apalagi jika tangan anak dalam keadaan kotor ketika anak asik mengupil kemudian hidung terluka dan terkena kotoran dari tangan balita akan membuat infeksi dalam hidung.

Untuk menghentikan kebiasaan mengupil ini beri anak mainan dan benda – benda kesayangannya agar disibukan dengan kegiatan lain. Dan biasakan anak untuk membersihkan kotoran dalam hidung dengan menggunakan tisu tanpa harus mengupil.

Kebiasaan Tidak Mencuci Tangan

Setelah main biasanya anak akan langsung saja mengambil makanan yang berada di meja makan tanpa mencuci tangan dulu. Hal ini tentu saja dapat membawa dampak negatif yaitu penumpukan kuman yang akan menyebabkan bakteri, virus, dan cacing pita.

Kebiasaan Tidak Menutup Mulut dan Hidung saat Batuk atau Bersin

Hal ini memang sering dilakukan anak-anak ketika batuk ataupun bersin mereka tidak mau menutup hidung dan mulutnya padahal ketika batuk atau bersin dapat menularkan virus kepada orang lain.

Untuk menghentikannya Anda hanya perlu menjadi contoh yang baik, ketika Anda sedang batuk ataupun bersin harus menutup mulut dan hidung. Dan jangan lupa untuk selalu mengingatkan kepada anak agar tidak lupa, kemudian suruh anak untuk membersihkan tangan agar tidak menyebarkan virus tersebut.

Itulah beberapa kebiasaan anak yang sering kali dilakukan dan merupakan hal buruk yang harus dihindari. Untuk itu bunda sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan anak.  (berbagaisumber/choir)


Komentar