Waspada! 276 Warga Pamekasan Positif Kusta

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! 276 Warga Pamekasan Positif Kusta
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Dinas Kesehatan Pamekasan, Madura, Jawa Timur mencatat 276 warga positif penderita penyakit kusta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey, menjelaskan penderita mulai merambah ke setiap kecamatan. Salah satunya Kecamatan Galis.

Disebutkan, tiga tahun sebelumnya Kecamatan Galis tidak pernah ditemukan . “Sekarang setiap kecamatan sudah terjangkit kusta, terbanyak Kecamatan Pasean dan Batumarmar,” terangnya, Selasa (9/10/2018).

Menurut Bey, masyarakat Pamekasan masih banyak yang belum memahami penyakit kusta serta cara pencegahannya. Dan penyakit kusta mudah menyebar.

“Jadi penyakit kusta mudah menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya jika ada kontak fisik,” terangnya.

Bey memaparkan penularan kusta bisa terjadi dengan cara mandi dalam wadah serta menggunakan pakaian atau sabun yang sama. Kondisi yang demikian, sangat memungkinkan penyakit kusta mudah menular.

Atas kondisi yang demikian, Bey masih mengupayakan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat agar tahu apa itu kusta, cara penyebaran, beserta pencegahannya.

“Jadi, jangan menunggu hingga penyakit kusta itu parah, baru melapor, karena penyakit kusta itu harus segera ditangani dan dapat disebuhkan,” pungkasnya.(Hasibuddin/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.