oleh

Waspada! 5 Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama

PortalMadura.Com – Sadarkah Anda bahaya menahan kencing terlalu lama dapat berdampak mematikan bagi kesehatan.

Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan ke toilet. Bisa jadi karena lalu lintas yang macet atau mungkin toilet yang kurang higienis. Karena alasan itulah seseorang terpaksa menahan kencing.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan. Jangan pernah Anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Menahan Pembuangan Kotoran dalam Tubuh

Apabila Anda menahan untuk membuang air kecil, artinya Anda menunda dan menumpuk kotoran-kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh Anda. Hal ini berarti tubuh Anda harus menyimpan kotoran lebih lama.

Kotoran-kotoran tersebut mengandung banyak zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, yang mana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

Ganggu Proses Pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung Anda akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri Anda. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak dituntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya.

Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena Anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

Mengganggu Organ Pencernaan

Terganggunya proses pencernaan, maka organ-organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

Menimbulkan Penyakit dan Infeksi pada Organ Pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka Anda akan ‘memperlancar’ tubuh Anda untuk mengalami penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Seperti, Infeksi pada ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, dan infeksi saluran kencing.

Anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang-anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda-tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Bagaimana mengatasinya? Biasanya penyakit anyang-anyangan dapat teratasi dengan meminum air putih dengan teratur, dan menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil.

Efek lebih lanjut dari kebiasaan menahan air kencing terlalu lama adalah Anda akan merasakaan sakit saat buang air kecil yang mungkin disebabkan karena prostat. (halosehat.com/Salimah)



Komentar