Waspada, 7 Tanda yang Menyebabkan Penyakit Kanker Ovarium

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada, 7 Tanda yang Menyebabkan Penyakit Kanker Ovarium
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker mematikan yang bisa dialami oleh kaum hawa. Dikenal sebagai ‘silent killer’, penyakit ini tidak memiliki indikator yang jelas. Oleh sebab itu, perempuan perlu tahu apa saja gejala awal dari kanker ovarium. Ini supaya jika memang ada, penyakit tersebut bisa segera diatasi sejak awal.

Meski begitu, belum banyak yang memahami tentang kanker ini. Padahal jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan. Sama seperti kanker pada umumnya, awalnya kanker ovarium memang tidak bergejala. Akan tetapi, ada tanda-tanda yang harus Anda waspadai. Ini tanda-tanda kemungkinan perempuan terkena kanker ovarium.

Kembung
Tanda yang satu ini mungkin terlihat umum. Tapi kembung karena kanker ovarium biasanya terjadi secara teratur dan masuk dalam kategori kronis. Cirinya kembung tidak hilang setelah buang air atau beberapa jam setelah makan.

Nyeri di daerah perut atau pinggul
Rasa sakit yang tidak biasa bila muncul setiap hari patut dicurigai karena bisa jadi indikasi ada sesuatu yang terjadi. Nyeri yang terasa di sekitar perut dan pinggul yang tidak hilang setelah buang air biasanya menandakan seseorang terkena sindrom iritasi usus besar. Akan tetapi, bila hanya terasa nyeri tanpa ada kotoran yang terbuang, bisa jadi itu berkaitan dengan kanker ovarium.

Merasa cepat kenyang saat makan
Kanker ovarium bisa membuat seseorang merasa tidak nafsu makan. Jika makan pun, hanya dengan beberapa suapan mereka sudah bisa merasa kenyang.

Memiliki dorongan buang air kencing lebih sering
Minum lebih banyak air mungkin membuat seseorang buang air kecil lebih sering. Tapi apabila sering buang air kecil sementara tidak begitu banyak minum, maka bisa menjadi indikasi serius. Tak hanya kanker ovarium, penyakit lain yang berkaitan dengan area tersebut juga bisa terjadi.

Sakit punggung
Keinginan buang air kecil terlalu sering dan disertai dengan sakit punggung bagian bawah berkaitan dengan kanker ovarium. Untuk lebih aman, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter bila tanda-tanda itu muncul dan tidak bisa diatasi.

Perubahan kebiasaan buang air besar
Kotoran bisa menjadi sumber informasi kesehatan tubuh. Apabila terjadi perubahan kebiasaan buang air besar dari yang tadinya 1-2 kali sehari menjadi lebih 5-6 kali, itu pertanda ada sesuatu yang tidak beres.

Penurunan berat badan secara drastis
Ini adalah tanda yang hampir sama pada setiap penyakit serius. Penurunan berat badan secara signifikan tanpa adanya usaha seperti diet dan olahraga biasanya adalah pertanda kurang baik. Segera periksakan diri ke dokter apabila hal ini terjadi bersamaan dengan tanda yang lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.