Waspada, Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama Bagi Wanita

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada, Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama Bagi Wanita
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Jika sedang beraktivitas atau sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba ingin buang air kecil, Anda pasti akan menahannya dahulu. Bagaimana rasanya? Rasanya perut bagian bawah Anda terasa penuh, bukan? Beberapa orang bahkan bisa menahan kondisi ini hingga berjam-jam ke depan baru buang air kecil.

Kandung kemih adalah tempat penampungan urine yang sudah siap dibuang oleh tubuh. Kandung kemih bersifat elastis sehingga bisa meregang lebih besar jika isinya semakin banyak, dan akan kembali pada ukuran normalnya ketika kosong. Menahan kencing merupakan salah satu tindakan berbahaya yang kerap dilakukan banyak orang.

Bagi wanita, menahan kencing terlalu lama dapat memiliki konsekuensi yang serius. Lauren Streicher, M.D. mengatakan bahwa ada jangka waktu tepat bagi seseorang untuk buang air. Seseorang seharusnya buang air kecil setiap empat hingga enam jam. Jika Anda terbiasa menahan kencing terlalu lama, maka akan ada dampaknya.

Dampak pertama yang jelas bakal terjadi adalah Anda bakal kelepasan mengeluarkannya. Ketika kandung kemih Anda semakin penuh, maka semakin besar peluang Anda tak dapat ke kamar mandi secara tepat waktu.

Hasil lain yang dapat muncul adalah otot panggul yang dapat melemah dan berujung kehilangan kontrol pada fungsi kandung kemih. Otot panggul berperan dalam mengatur serta membantu baik dalam mengeluarkan kencing atau menahannya.

Dampak lain yang muncul dari menahan kencing ini adalah rasa sakit. Ketika menahan kencing terlalu lama maka akan muncul rasa sakit dan bahkan jika terus menerus terjadi maka rasa ini dapat berlanjut pada perut bagian bawah.

Konsekuensi akhir dari kebiasaan menahan kencing ini adalah kandung kemih yang menjadi renggang. Jika hal ini terjadi, maka tubuh mulai kehilangan petunjuk kapan kandung kemih harus dikosongkan sehingga dapat berakibat pada seringnya kelepasan buang air.

Anda tidak harus langsung buang air setelah merasa kebelet. Penanda paling penting yang harus dikenali adalah jangan sampai Anda menahannya hingga tak nyaman. Jika sudah merasa tak nyaman, artinya Anda sudah menahannya terlalu lama.(Merdeka.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.