Waspada! Gejala yang Muncul saat Kondisi Mata Lelah

1333461820
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sebagai satu dari lima panca indra, penglihatan membuat kita memungkinkan menjalani aktivitas dengan baik. Tidak banyak yang menyadari bahkan dianggap remeh, kita sebenarnya memiliki ketergantungan yang besar pada mata.

Salah satunya dengan menonton televisi dalam jangka waktu lama bisa membuat masalah bagi mata. Hal yang biasa terjadi ketika menonton TV adalah mata yang menjadi lelah.

Dilansir merdeka.com yang dikutip dari verywell Health, gejala ini dapat muncul ketika menonton TV dalam jarak dekat, membaca, bekerja di depan komputer, atau melakukan aktivitas dalam jarak dekat dengan mata.

Mata lelah atau asthenopia merupakan kondisi mata yang menimbulkan sejumlah gejala seperti kelelahan, sakit di sekitar mata, pandangan memburam, pusing, dan bahkan kadang pandangan berbayang.

Baca Juga: Diduga Jadi Korban Salah Tangkap, Warga Bangkalan Jalani Perawatan Medis

Sejumlah gejala tersebut muncul ketika mata mencoba untuk fokus pada obyek yang berjarak dekat. Hal ini terutama ketika dilakukan dalam jangka panjang sehingga otot sekitar mata menjadi tegang dan mudah lelah.

Gejala yang muncul dari masalah kesehatan ini yaitu mata sakit atau iritasi, kesulitan untuk fokus, mata kering atau berair, pandangan buram, mata semakin sensitif dengan cahaya bahkan terasa sakit di leher, pundak, dan punggung.

Kelelahan pada mata dapat muncul ketika seseorang berusaha untuk lebih sedikit berkedip ketika menonton TV atau melakukan hal ini. Secara rata-rata, seseorang bakal berkedip 18 kali semenit untuk menyegarkan dan melubrikasi mata.

Namun seseorang berkedip separuh kali lebih sedikit ketika menonton televisi atau komputer. Jarang berkedip sering menghasilkan kondisi mata yang kering, lelah, gatal, dan panas.

Menonton TV terlalu banyak dan dengan kondisi duduknya terlalu dekat bisa menyebabkan mata lelah karena mencoba fokus secara konstan pada obyek kecil dan terang di dalam ruang gelap. Ruang gelap ini menyebabkan iris mata terbuka lebih lebar untuk menyerap lebih banyak cahaya.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.