Waspada! Ini 5 Perubahan Payudara yang Bisa Beritahukan Kondisi Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 5 Perubahan Payudara yang Bisa Beritahukan Kondisi Kesehatan Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan buah dada yang ada pada diri makhluk hidup yang bersifat dinamis setiap bulannya, khususnya bagi seorang wanita. Tidak jarang, mereka sering merasa nyeri atau ukurannya bertambah saat sedang mengalami PMS.

Akan tetapi, bukan hanya itu saja makna dari perubahan yang dialami payudara. Sebenarnya, ada beberapa cara saat payudara Anda mencoba untuk memberitahukan kondisi kesehatan Anda.

Berikut lima cara payudara memberitahukan kondisi kesehatan Anda yang sesungguhnya:

Perubahan Ukuran
Payudara pun bisa mengalami perubahan ukuran tergantung dengan berat badan. Jika berat badan Anda sedang naik, maka payudara bisa membesar karena kelenjar lemak juga bertambah besar. Sedangkan saat tubuh Anda mengurus, maka ukuran payudara bisa menyusut.

Selain karena berat badan, fluktuasi ukuran payudara juga disebabkan karena konsumsi pil KB atau perubahan hormonal saat siklus bulanan.

Perubahan Bentuk
Diet ekstrim yang berakibat pada fluktuasi berat badan yang Anda jalani bisa membuat bentuk payudara berubah. Salah satunya yang terlihat adalah bentuk payudara yang cenderung menurun atau kendor.

Selain faktor berat badan, payudara yang menurun juga akan terjadi seiring bertambahnya usia karena ligamen mulai meregang dan kulit kehilangan elastisitasnya.

Perubahan Abnormal
Saat mengamati payudara Anda, apakah Anda melihat perubahan yang abnormal?. Biasanya hal ini berkaitan dengan munculnya benjolan misterius.

Jika muncul benjolan misterius ini, maka Anda patut untuk berhati-hati. Sebab, bisa jadi hal itu adalah tanda awal dari munculnya kanker payudara.

Puting Masuk ke Dalam
Normalnya, puting bersifat maju ke depan. Nah, saat Anda melihat bahwa puting Anda cenderung untuk masuk ke dalam, Anda wajib untuk melakukan pemeriksaan.

Karena, hal ini bisa jadi tanda awal dari kanker payudara. Apalagi jika puting Anda mengeluarkan cairan misterius.

Perubahan Warna Payudara
Sebagian besar kanker payudara yang sudah memasuki level stadium lanjut bisa menyebabkan perubahan warna. Selain karena kanker, perubahan warna ini juga bisa menjadi tanda awal kehamilan.

Jadi, Anda perlu sering memerhatikan payudara Anda. Apakah ada perubahan abnormal yang terjadi?. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.