Waspada! Ini 6 Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Konsumsi Obat Anda Tak Berguna

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 6 Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Konsumsi Obat Anda Tak Berguna
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas orang mengonsumsi -obatan untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit. Kendati demikian, terkadang mereka merasa obat yang diminum tersebut tidak berguna. Biasanya, hal ini dikarenakan ada kesalahan sepele yang dilakukan ketika mengonsumsinya.

Lalu, kesalahan apa saja yang perlu dihindari agar obat yang dikonsumsi tidak sia-sia?. Berikut ini enam kesalahan yang bisa membuat Anda jadi tidak berguna:

Hati-hati dengan Minuman Ketika Mengonsumsi Obat
Terkadang, Anda mengonsumsi obat-obatan dengan minuman lain. Hal itu mengurangi efek dari obat yang Anda konsumsi. Minuman seperti kopi maupun soda jelas tidak dianjurkan, begitu pula dengan teh. Hal ini membuat tubuh mengurangi proses penyerapan obat-obatan.

Selain itu, obat-obatan juga tidak boleh dikonsumsi dengan susu. Produk susu bisa membuat lemah efek obatnya. Jus jeruk juga tidak disarankan.

Mencampurnya dengan Makan yang Salah
Anda harus berhati-hati dengan makanan ketika mengonsumsi obat. Jenis obat tertentu tidak boleh diminum ketika makan. Anda juga harus berhati-hati agar tidak mencampurnya dengan makanan yang kaya akan serat.

Makanan sejenis ini bisa menghilangkan sebagian komponen dalam obat yang berguna bagi tubuh. Selain itu, ketika mengonsumsi obat, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukan diet.

Tidak Mengikuti Jadwal Konsumsi Obat
Anda harus mengikuti jadwal yang dianjurkan untuk konsumsi obat-obatan Anda. Terutama jika yang dikonsumsi adalah antibiotik. Agar obat berguna bagi tubuh, penting untuk menjaga jumlah konsentrasi obat yang tepat dalam tubuh.

Mencampur-campur Obat
Jika Anda diberikan resep berbagai obat secara bersamaan, berikan jeda untuk mengonsumsinya. Paling tidak, berikan jeda setengah jam untuk setiap konsumsi obat.

Jangan Berhenti di Tengah Jalan
Jika memang Anda merasa sudah sembuh, namun obat masih tersisa, lakukan pengobatan sampai selesai. Hal ini bisa mencegah Anda untuk kembali terkena penyakit yang sama.

Konsumsi Obat-obatan Alternatif
Hal yang paling baik dilakukan ketika Anda butuh obat-obatan adalah dengan pergi ke dokter. Anjuran dari dokter adalah langkah terbaik untuk mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat-obatan alternatif terkadang tidak bekerja untuk tubuh.

Jika Anda mendapatkan resep dari dokter, pastikan obat itu dikonsumsi dan tidak digantikan dengan obat-obatan alternatif. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.