oleh

4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Anda Tak Cantik Selain Lalai Hapus Makeup

PortalMadura.Com – Sifat malas dalam menjaga penampilan supaya tetap cantik kerap menjadi musuh terbesar kaum wanita. Terutama saat habis bepergian, mereka seringkali tidak menghapus makeup dan langsung tertidur pulas.

Padahal, kebiasaan buruk seperti ini bisa merusak kulit Anda seperti munculnya jerawat. Selain malas menghapus makeup, ada beberapa kebiasaan lainnya yang bisa membuat Anda tidak dapat tampil cantik kembali. Anda akan merasakan efeknya dalam jangka panjang jika terus melakukan kebiasaan ini. Apa sajakah itu?.

Berikut empat kebiasaan yang bisa membuat Anda tidak cantik lagi:

Mandi Air Panas
Sebagian orang pasti sering melakukan kebiasaan ini. Hal ini karena mandi air panas dapat menghilangkan minyak esensial alami pada kulit. Akibatnya, tubuh Anda menjadi kering. Tentu Anda tidak akan bisa tampil cantik jika mengalami hal tersebut.

Tidak hanya itu, mandi air panas dapat membuat kulit menjadi gatal dan meninggalkan ruam. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mandi paling lama 10 menit dengan air suam-suam kuku. Selain itu, gunakan air biasa untuk keramas. Jika dicuci menggunakan air panas, rambut dapat menjadi rusak, dan Anda tidak dapat tampil cantik kembali.

Memencet Jerawat di Wajah
Salah satu kebiasaan lainnya yang dapat memperburuk penampilan adalah memencet jerawat di wajah. Hal ini karena tindakan memencet jerawat dapat meninggalkan bekas luka di wajah.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidak memandang cermin dalam waktu yang lama. Meski terdengar lucu, hal ini dapat membuat Anda lebih percaya diri. Selain itu, Anda dapat menggunakan scrub dua kali seminggu untuk menyingkirkan komedo dan bekas jerawat agar dapat tampil cantik memesona.

Terlalu Terpapar Sinar Matahari
Ketika Anda keluar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung, ingatlah hal ini bisa merusak kulit Anda. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kemerahan, keriput, dan sebagainya.

Maka dari itu, ketika bepergian ke luar ruangan di tengah hari, sebaiknya Anda tidak lupa menggunakan tabir surya dengan jumlah SPF yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata.

Menggigit Kuku
Kebiasaan menggigit kuku umumnya sudah dimiliki orang sejak kecil. Padahal, menggigit kuku dapat membuat penampilan tangan, terutama jari, menjadi buruk. Gigitan pada kuku dapat menyebabkan lapisan terluar kulit mengelupas dan kuku menjadi tidak cantik.

Selain faktor kebiasaan sejak kecil, salah satu penyebab orang menggigit kukunya adalah stres dan kecemasan. Oleh sebab itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengendalikan pikiran, seperti melakukan yoga. (liputan6.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar