oleh

Waspada, Ini 7 Bahaya Sering Gunakan Makeup

PortalMadura.Com –Menggunakan makeup bagi sebagian wanita selain bisa menambah rasa percaya diri juga membuat wajah mereka terlihat cantik dan menarik.

Oleh karena itu, sebagian dari mereka menggunakan produk makeup tertentu yang dijual di pasaran dan masih belum jelas efek jangka panjangnya.

Bagi kaum hawa yang masih muda sebaiknya jangan menggunakan makeup berlebihan. Selain karena akan terlihat menor, juga akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini tujuh bahaya yang akan mengancam tubuh apabila Anda terlalu sering menggunakan makeup:

Penyakit Tulang
Bahaya pertama pemakaian kosmetik atau makeup yang berlebihan adalah penyakit tulang yang bisa dibilang cukup serius. Hal ini ditemukan bahwa kadmium, bahan kimia yang digunakan untuk menabur pipi agar terlihat lebih terang ternyata bisa masuk ke pori-pori kulit.

Lantas efeknya apa? Yang jelas apabila bahan kimia tersebut sampai masuk mencapai tulang bisa menyebabkan penyakit tulang dan infeksi serius. Sepele, namun tetap berpotensi mengerikan.

Gagal Ginjal
Sekali lagi, kadmium memiliki efek yang mengerikan pada tubuh lebih dari yang Anda duga. Setelah berpotensi menyebabkan penyakit tulang, kadmium yang terkandung dalam produk makeup seperti tabur pipi dan bronzers dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

Jika sampai kadmium masuk ke sistem tubuh Anda, maka efeknya Anda akan mengalami gagal ginjal.

Infertilitas
Bahaya selanjutnya adalah infertilitas. Salah satu bahan kimia yang paling berbahaya ternyata ditemukan dalam beberapa jenis kosmetik, seperti lipstik, tabir surya, foundation, dll. Selain dapat menyebabkan infertilitas pada wanita, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Loading...

Infertilitas merupakan kegagalan dari pasangan suami istri untuk mendapatkan momongan. Wanita tidak bisa hamil meski sudah melakukan hubungan seks dengan benar, tanpa alat kontrasepsi sekalipun. Atau dalam beberapa istilah lain, disebut kemandulan.

Pubertas
Ketika banyak gadis-gadis muda mulai menggunakan makeup secara berlebihan ini cukup berbahaya. Terlebih lagi jika makeup tersebut banyak mengandung timah. Maka hal itu akan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon tertentu di dalamnya.

Efek selanjutnya adalah mengarah pada tertundanya pubertas. Untuk itu disarankan jangan menggunakan makeup yang berlebihan atau yang mengandung timah di usia yang masih sangat muda.

Sakit Kepala
Produk makeup atau kosmetik seperti cat kuku, pewarna rambut, dan lain sebagainya memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya. Biasanya dikenal dengan sebutan toluena. Nah, bahan kimia toluena ini dapat menyebabkan sakit kepala.

Kanker
Lip balm tertentu, lipstik, dan lotion tabir surya mengandung bahan kimia beracun yang dikenal dengan sebutan benzofenon. Bahan ini diklaim mampu melindungi kulit Anda dari sinar UV. Ini terdengar menguntungkan, namun efek jangka panjangnya adalah kanker. Waduh!

Penyakit endokrin
Produk kosmetik seperti krim, pelembap, kondisioner rambut, foundation, dan lain sebagainya juga tak kalah mengandung senyawa kimia berbahaya. Biasanya dikenal dengan sebutan paraben, yang mana paraben dapat mempengaruhi sistem endokrin dan menyebabkan penyakit tersebut.

Untuk yang belum tahu, penyakit endokrin adalah penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam beberapa bagian dari sistem endokrin, yang terdiri dari kelenjar yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengatur hormon-hormon yang diperlukan untuk fungsi-fungsi tubuh penting. (merdeka.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar