oleh

Waspada! Ini 7 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Bisa Perpendek Usia Anda Secara Perlahan

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, kebiasaan seseorang yang dilakukan setiap hari bisa memengaruhi kehidupan mereka, terutama pada kesehatannya. Memang ada beberapa kebiasaan yang dapat menyehatkan seperti rajin olahraga dan tidak tepat waktu.

Namun, ada pula kebiasaan-kebiasaan yang bisa memperpendek usia Anda karena bisa mendatangkan penyakit berbahaya. Sayangnya, Anda tidak menyadari hal itu. Lantas, apa saja kebiasaan berbahaya tersebut?.

Berikut tujuh kebiasaan sehari-hari yang bisa memangkas usia Anda secara perlahan:

Ngemil di Malam Hari
Anda sering merasa lapar di malam hari yang pada akhirnya membuat Anda ngemil?. Kebiasaan ini bisa merusak kesehatan Anda karena di jam tersebut adalah saat tidak sehat untuk makan. Sebab, hal ini bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh dan menimbulkan sejumlah penyakit.

Keseringan Nonton TV
Kebiasaan nonton TV secara berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mata, otak, dan anggota tubuh lainnya karena radiasi negatif yang dipancarkan. Jadi, batasi waktu Anda untuk nonton TV selama 1 jam setiap hari.

Konsumsi Garam Berlebihan
Konsumsi makanan tinggi garam dan makanan olahan bisa membuat tekanan darah meningkat yang pada gilirannya akan menyebabkan penyakit jantung fatal.

Tidak Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan adalah pangkal dari terjaganya kesehatan tubuh. Sehingga tanamkan kebiasaan sehat untuk dilakukan sehari-hari seperti menggunakan sabun anti bakteri, segera ganti baju yang kotor, dan menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Tidak Melakukan Flossing
Sebuah penelitian terbaru dari New York University menyatakan, bahwa melakukan flossing gigi secara teratur bisa meningkatkan harapan hidup seseorang hingga 6 tahun. Sebab flossing bisa mengurangi kemungkinan penyakit gusi yang terkait erat dengan penyakit jantung.

Menggigit Kuku
Kebiasaan menggigiti kuku bisa menyebabkan penyakit fatal dan mengurangi usia. Sebab, ada bakteri tertentu di bawah kuku yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit yang membuat darah jadi encer atau yang dikenal sebagai sepsis.

Tidak Sarapan
Tidak sarapan bisa menurunkan kadar metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Ketika kedua sistem ini rendah maka tubuh jadi rentan terkena serangan penyakit berbahaya. (merdeka.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar