Waspada, Ini Akibat Panaskan Motor Depan Tembok

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada, Ini Akibat Panaskan Motor Depan Tembok
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, sebelum digunakan motor biasanya dipanaskan terlebih dahulu. Namun, perlu Anda ketahui ternyata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan loh.

Menurut Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memanaskan motor. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda memanaskan motor.

1. Jangan Memanaskan Motor Dekat Tembok

Saat motor dihidupkan, lampu utama otomatis akan menyala. Bila dekat dengan tembok, akibatnya efek panas dari pancaran sinar lampu akan berbalik ke arah motor.

Hal tersebut dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas.

2. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Motor

Bila motor Anda modern, mesin motor tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan.

Memanaskan motor cukup sekitar 3 hingga 5 menit saja.

3. Jangan Memanaskan Motor di dalam Ruangan

Hal tersebut karena gas buang kendaraan yang mengandung berbagai kandungan gas karbon monoksida (CO), Karbondioksida (CO2), dan timbal yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara dan akan mengumpul di dalam ruangan, bila hal tersebut terhirup manusia maka akan berbahaya bagi tubuh.(tribunnews.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.