Waspada! Ini Bahaya Mematikan Sering Hirup Uap Bensin

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Setiap kendaraan tentunya membutuhkan bahan bakar, umumnya pengendara menggunakan bensin dalam berkendara. Nah, saat membeli bensin tersebut, terkadang uapnya tercium dengan tidak sengaja.

Tahukah Anda, orang yang sering menghirup itu bisa berbahaya bagi kesehatan?. Bahkan berefek mematikan pada seseorang, benarkah itu?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini:

Bensin berasal dari minyak mentah dan merupakan campuran hidrokarbon organik seperti toluena dan benzena. Hidrokarbon ini memiliki sifat dapat dengan cepat diserap oleh tubuh dan otak, membuat penghirupnya merasa ‘high‘.

Dilansir dari ABC Australia banyak zat mudah menguap lainnya yang dipakai untuk mabuk seperti lem, dan cat mengandung satu atau lebih hidrokarbon. Bensin dalam hal ini adalah campuran kompleks dari banyak kombinasi hidrokarbon dan bisa sangat bervariasi antara sumber bensin yang berbeda.

Bensin juga mengandung sedikit timbal. Timbal yang diserap oleh tulang dan lemak di otak dan tubuh dapat tinggal dan mengendap selama 10 tahun. Ini berarti orang-orang yang pernah mengendus bensin di masa lalu mungkin masih memiliki sejumlah timbal dalam tubuh mereka.

Uap bensin mengalir dari paru-paru ke aliran darah dan kemudian ke otak. Di sana ia memperlambat aktivitas otak dan menekan sistem saraf pusat dengan cara yang mirip dengan alkohol. Dalam beberapa titik seseorang dapat merasa euforia, rileks, pusing, dan mati rasa.

Mereka yang menghirup bensin mungkin terlihat seperti seseorang yang mabuk alkohol, tetapi bertindak sedikit lebih aneh. Efek ini bisa bertahan sehingga 1 jam atau lebih lama jika mereka terus mengendus. Dalam kasus-kasus yang serius, orang bisa saja merasa sakit karena hal ini.

Bahkan, kematian juga bisa terjadi karena uap bensin menggantikan oksigen dalam darah dan mengakibatkan ketidakcukupan oksigen di otak.

Orang-orang yang melakukan aktivitas berat atau berolahraga berat berisiko menghadapi situasi fatal bila nekat menghirup bensin. Alasannya karena stres gabungan antara mengendus dan berolahraga memberi terlalu banyak tekanan pada jantung. Banyak juga orang yang mengendus menderita luka bakar serius atau kematian karena bensin. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.