oleh

Waspada! Jangan Coba-coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Saat Stres

PortalMadura.Com – Saat seseorang mengalami stres, cemas atau depresi, hal ini bisa berpengaruh terhadap metabolisme tubuh serta nafsu makan seseorang. Bahkan, ada sebagian orang melampiaskan perasaan tidak nyaman itu pada makanan.

Padahal, mereka hanya bisa merasakan beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki rasa nikmat saat berada di lidah terutama ketika seseorang sedang stres. Nah, sebaiknya Anda jangan asal pilih makanan, sebab justru makanan tersebut yang akan memicu kondisi stres menjadi makin parah.

Berikut lima jenis makanan dan minuman yang bisa membuat atau memperburuk tingkat stres Anda:

Pretzel
Pretzel merupakan makanan yang mudah dicari, memiliki rasa enak dan pastinya manis. Namun tahukah Anda?. Pretzel adalah makanan yang bisa meningkatkan kecemasan dalam diri Anda saat stres.

Serat yang tinggi dari pretzel bisa memperlambat pencernaan. Sedangkan glukosa pada pretzel bisa memicu peningkatan hormon stres seseorang.

Permen
Apakah Anda mengambil sekotak permen untuk melawan perasaan cemas?. Makanan yang terbuat dari gula halus ini dapat meningkatkan kortisol. Kortisol, disebut sebagai hormon stres, dilepaskan oleh kelenjar adrenal dalam menanggapi takut atau stres.

Kopi
Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang bisa memperbaiki suasana hati. Dengan minuman berkafein, disinyalir bahwa otak bisa berpikir lebih jernih dan risiko depresi menurun.

Namun perlu Anda tahu, minum kopi murni dengan gula terlalu manis bisa memicu memburuknya kesehatan tubuh Anda. Mengingat kalori pada kopi tidak sedikit, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari kopi selama pikiran stres.

Minum kopi sepanjang hari dapat menyebabkan Anda mengalami fluktuasi energi dan selalu merasa cemas, mudah marah, dan depresi.

Wine
Minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi kortisol meningkat. Alkohol dalam wine bisa mengubah zat kimia di otak yang membuat seseorang menjadi lebih depresi dalam jangka waktu panjang.

Kondisi ini membuat seseorang minum lebih banyak dari yang seharusnya karena sulit baginya untuk merasa lebih baik.

Keripik Kentang
Rasa gurih keripik kentang membuat lidah dan suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Tetapi hal ini tidak bisa berlangsung lama. Karbohidrat yang tinggi dari keripik kentang akan memicu tubuh menjadi mudah gemuk.

Bukan itu saja, saat hormon seseorang tidak stabil akibat stres, lemak pada keripik kentang disinyalir sangat tidak baik untuk kesehatan. (suara.com/Salimah)


Komentar