Waspada! Kenali 5 Aroma Tubuh yang Jadi Tanda Munculnya Penyakit, No. 2 Paling Banyak

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Kenali 5 Aroma Tubuh yang Jadi Tanda Munculnya Penyakit, No. 2 Paling Banyak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tubuh akan mengeluarkan aroma seiring bertambahnya umur seseorang. Bau itu biasanya dikeluarkan dari berbagai macam anggota tubuh. Seperti bau mulut, bau ketiak, bau kaki, atau bau kentut.

Umumnya, aroma yang keluar dari anggota tubuh itu disebabkan terkontaminasinya bakteri. Namun, bisa juga karena gejala awal munculnya sebuah .

Berikut ini penjelasannya:

Bau Mulut Seperti Buah – Diabetes
Bau mulut umumnya disebabkan karena tumpukan bakteri yang bersembunyi di sela-sela gigi atau lubang gigi. Bau yang muncul biasanya sangat busuk sekali.

Nah, jika Anda merasa bahwa bau mulut seperti bau buah, ini merupakan gejala awal dari komplikasi diabetes yang disebut dengan ketoasidosis diabetes (DKA). DKA terjadi ketika tubuh mengalami penurunan insulin dan lonjakan gula darah. Kemudian terjadi pembentukan keton dalam darah.

Bau Kaki – Jamur Kaki
Infeksi jamur yang ada di kaki juga bisa membuat kaki Anda jadi bau. Oleh karena itu waspadai jika muncul lecet, kulit bersisik, atau kulit terkelupas di sekitar jari kaki. Sebab bisa jadi itu adalah jamur. Jamur ini kemudian terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan bau kaki.

Kotoran Bau – Intoleransi Laktosa
Kotoran bau memang wajar. Namun menjadi tidak wajar saat baunya begitu busuk. Sebab ini menjadi tanda bahwa Anda mengalami intoleransi laktosa.

Saat usus halus tidak bisa mencerna laktosa, maka akan langsung diarahkan ke usus besar. Di sini, bakteri usus akan mengfermentasinya dan menghasilkan bau kotoran yang sangat busuk.

Kencing Bau – ISK
Kencing bau juga menjadi hal yang normal. Namun ketika kencing Anda sangat bau dan hampir seperti bau bahan kimia, ini bisa jadi gejala dari infeksi saluran kemih (ISK).

Bakteri E.coli akan memasuki saluran kemih dan uretra. Kemudian berkembang biak di kantung kemih, menyebabkan infeksi dan membuat kencing jadi bau.

Mulut Bau – Sleep Apnea
Mulut bau di pagi hari ketika bangun tidur juga menjadi hal yang wajar. Karena mulut tidak memproduksi air liur.

Namun saat mulut terus-terusan bau bahkan setelah Anda menyikat gigi, bisa jadi itu adalah gejala dari sleep apnea yang tidak terdiagnosis. Sebab biasanya sleep apnea akan membuat Anda merokok berlebih dan Anda jadi mengorok di malam harinya. Tidak jarang, mulut akan terbuka dan muncullah bau mulut.

Bau tubuh bisa menjadi hal yang wajar, bisa jadi merupakan gejala penyakit. Oleh karena itu waspadai bau yang keluar dari tubuh Anda. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.