oleh

Waspada! Risiko Penyakit Jantung saat Minum Kopi Berlebihan

PortalMadura.Com – Bagi pencinta kopi barangkali bisa minum kopi lebih dari 3-4 gelas cangkir setiap hari. Aromanya yang harum selalu menggoda para penikmat kopi baik untuk meningkatkan mood atau penghilang rasa ngantuk dan lelah. Ada juga yang bilang, bahwa terlalu banyak minum kopi membuat kafein mempengaruhi kesehatan tubuh.

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada Maret 2019, peneliti menemukan bahwa konsumsi enam cangkir atau lebih kopi per hari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Mengonsumsi kopi memang memberikan Anda banyak manfaat. Namun, sesuai porsi yang disarankan dalam mengonsumsi minuman berkafein ini.

Kemungkinan berkembangnya penyakit kardiovaskular pada peserta studi yang mengonsumsi kopi secara berlebihan. Angkanya lebih tinggi bila dibandingkan mereka yang hanya minum satu hingga dua cangkir per hari. Dalam jumlah besar, kelebihan konsumsi kafein juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Madura United Tak Ingin Ketinggalan Start

Loading...

Pada akhirnya, masalah tersebut bisa berisiko menimbulkan masalah jantung. Kebanyakan orang akan setuju bahwa jika Anda minum banyak kopi, akan ada perasaan gelisah, cepat marah, hingga mual. Kafein membantu tubuh bekerja lebih cepat dan keras. Di sisi lain, itu juga memberikan pertanda pada tubuh bahwa Anda telah mencapai batasan.

Untuk menjaga jantung dan tekanan darah yang sehat, orang harus membatasi kopi mereka menjadi kurang dari enam cangkir dalam sehari. Enam adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular.

Karena itu, agar mendapatkan manfaat maksimal dari kopi, konsumsilah dengan porsi yang dianjurkan maksimal dua cangkir dalam sehari. Mereka yang minum dengan ukuran tepat, memiliki risiko lebih rendah dari orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali (11 persen lebih tinggi).

Para peneliti menegaskan bahwa yang terpenting adalah mengetahui jumlah kebutuhan dan batasan tubuh Anda. Seperti banyak hal, ini adalah tentang moderasi. Terlalu banyak minum dan kesehatan Anda yang akan menanggungnya.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : liputan6.com

Komentar