Waspada! Zat Kimia di Kosmetik Bisa Pengaruhi Tingkat Kesuburan

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Zat Kimia di Kosmetik Bisa Pengaruhi Tingkat Kesuburan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kosmetik sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan kaum wanita. Ternyata, zat kimia dalam produk kecantikan ini sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama pada tingkat kesuburan. Seperti yang terkandung dalam cat kuku dan krim anti penuaan dini mengandung zat kimia dalam jumlah besar.

Menurut ahli bayi tabung, Sagarika Aggarwal, beberapa bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan kosmetik dapat mempengaruhi fungsi ovarium dalam menghasilkan sel telur berkualitas yang pada gilirannya meningkatkan gangguan kesuburan.

Lebih mencengangkannya lagi, zat kimia berbahaya ini juga terkandung pada sabun anti bakteri, yakni triclosan yang dapat mengacaukan produksi hormon kesuburan dan mengganggu sistem reproduksi.

Parabens yang terkandung dalam sabun, sampo, dan pembersih wajah juga dapat mengganggu produksi sel telur maupun penurunan kualitas sperma,” ungkap Aggarwal.

Selain itu, lanjut Aggarwal, kandungan bahan kimia pada cat kuku seperti formaldehida, phthalates seperti DPT (dibutil ftalat), toulene dan berbagai senyawa organik yang mudah menguap lainnya dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Toluene biasa digunakan sebagai pelarut untuk memberikan kesan kilap pada kuku dan Phthalates, zat kimia yang paling umum ditemukan di hampir setiap produk kosmetik dapat mengganggu kadar hormon, mempengaruhi kesuburan dan menghambat produksi ASI,” ujarnya. (suara.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.