Waspadai, Haid yang Tidak Teratur Sebabkan Gangguan Kesuburan

siap hamil 4 hal tentang haid yang menunjukan tingkat kesuburan kamu cover 85af1ed8b699bab77d7840c339b6a534
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Haid atau menstruasi yang terjadi setiap bulan seringkali dikaitkan dengan kesuburan yang dimiliki. Tidak sedikit perempuan di dunia yang mengalami haid tidak teratur, baik jadwal haid yang bisa maju dari tanggal sebelumnya, bahkan yang sering terjadi yaitu keterlambatan haid yang terlampau jauh.

Normalnya, haid datang sebulan sekali dengan tanggal yang sama setiap bulannya. Namun, jika tanggal haid terlongkap jauh dari bulan biasanya, Anda bisa lebih waspada dalam masalah kesuburan. Menurut data WHO, 80 persen perempuan di dunia mengalami haid tidak teratur. Haid yang teratur biasanya terjadi setiap 34-38 hari sekali, selama 3-8 hari.

Namun, perempuan yang mengalami haid tidak lancar, haid datang tidak menentu. Kadang di akhir bulan, kadang awal bulan. Bahkan, tak jarang mereka yang alami haid tidak teratur bisa skip 1 hingga 2 bulan. Ternyata, haid tidak lancar ada kaitannya dengan tingkat kesuburuan.

Terjadinya ketidakteraturan dalam haid memang bisa menjadi tanda bahwa seorang perempuan tersebut mengalami gangguan kesuburan. Apalagi untukmu yang mengalami keterlambatan haid 3 bulan atau lebih, harus cepat konsultasi ke dokter.

Jangan sepelekan haid yang tidak teratur, karena ganguan kesuburan ini pun bisa menjadi kurang nyaman dialami para perempuan. Biasanya cara mengatasi agar haid teratur sesuai jadwal, bisa dilakukan dengan cara istirahat yang cukup, jangan begadang, mulai makan makanan sehat dan biasakan rajin berolahraga.

Dengan gaya hidup yang sehat dan teratur, biasanya siklus haid juga akan menjadi teratur dengan sendirinya. Karena itu gangguan kesuburan tidak selalu ditandai dengan terganggunya siklus menstruasi, karena ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi pemicu atau penyebabnya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar diketahui penyebabnya.(fimela.com/Nurul)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.