oleh

Waspadalah, 5 Penyebab Bisa Terkena Penyakit Diabetes

PortalMadura.Com – Diabetes atau penyakit gula adalah penyakit yang diakibatkan karena terlalu banyak kadar gula dalam darah. Ada banyak jenis-jenis diabetes mulai dari diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 hingga jenis-jenis diabetes lainnya misalnya kehamilan. Namun, anak-anak muda dapat terkena penyakit diabetes tipe 1. Kandungan gula yang kerap dikonsumsi oleh anak-anak muda menjadi salah satu penyebabnya.

Pada tahun 2017, data Federasi Diabetes Internasional terdapat 10.276.100 kasus diabetes dideteksi di Indonesia atau sekitar 6,7% dari total populasi orang dewasa di Indonesia. Jumlai ini cukup signifikan, padahal masih banyak penderita diabetes yang tidak terdata atau terdeteksi.

Mungkin sering dikatakan jika penyakit diabetes salah satunya karena faktor keturunan. Tapi, itu tidak menjadi penyebab inti dari permasalahan kesehatan ini. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab tingginya angka penderita diabetes di Indonesia? Ternyata gaya hidup pun berpengaruh lho sahabat. Berikut ini gaya hidup yang mengundang penyakit diabetes.

Nasi Dikonsumsi sebagai Makanan Pokok
Memang tidak bisa dipungkiri, jika nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia dan mayoritas penduduk Asia Tenggara lain. Nasi merupakan karbohidrat, maka dengan mengonsumsi nasi tetap bisa menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Penelitian dari The Harvard School of Public Health pun membuktikan, jika sistem pencernaan manusia secara otomatis mengubah karbohidrat dari nasi menjadi gula, sehingga pankreas ikut meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

Suka Minuman dan Makanan Manis
Hobi mengonsumsi minuman dan makanan manis bepengaruh pada asupan gula yang masuk ke tubuh. Padahal jumlah asupan gula harian yang disarankan hanya 25 gram (untuk wanita dewasa) dan 38 gram (untuk pria dewasa), sementara 1 kaleng minuman cola sendiri rata-rata mengandung 30 gram gula, sementara produk teh kemasan mengandung 16-25 gram gula.

Kurang Banyak Bergerak
Kebiasaan menghabiskan sepanjang hari dalam kondisi duduk dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kondisi duduk, memperlambat metabolisme tubuh dan mengakibatkan resistensi terhadap insulin (keadaan saat tubuh gagal mengenali dan bereaksi terhadap hormon insulin). Maka yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes adalah mengontrol asupan nasi atau bahkan menggantinya dengan opsi karbohidrat yang lebih sehat.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : ruangmuslimah.co

Komentar