Waspadalah Ketika Balas Dendam Saat Berbuka Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Kalap saat buka puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat berpuasa biasanya sebelum berbuka, nafsu makan atau keinginan untuk menyantap makanan yang dilihat sangat tinggi. Makanya kerap kali orang yang sedang berpuasa suka . Namun jika dilihat dari kacamata kesehatan, kebiasaan seperti ini sangat buruk untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama.

Triyani Kresnawan, Dietisien Instalasi Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa saat buka , seringkali kita dihidangkan dengan banyak makanan yang membuat seseorang lapar mata. Ini membuat orang rentan makan berlebihan.

Mengendalikan diri ini bisa dilakukan dengan cara makan secara bertahap dan dimulai dari porsi kecil. Buka bisa diawali dengan konsumsi buah-buahan terlebih dahulu.

“Jangan langsung makan besar. Tubuh kita sudah beristirahat selama sekitar 14 jam. Sehingga, makan dengan porsi kecil dulu,” kata Triyani dalam temu media di gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta.

Selain itu jangan makan secara terburu-buru. Pastikan makanan telah dikunyah dulu hingga 30 kali sebelum ditelan.

“Karena kalau lapar kan kita jadi terburu-buru, langsung ditelan. Kasihan pencernaan. Kalau mengunyah 30 kali, makanan kita akan terpecah dan membantu pencernaan,” kata Triyani menjelaskan.

Triyani menjelaskan, seharusnya bulan puasa juga menjadi saat tepat untuk menurunkan berat badan. Namun, ketika pola makan saat sahur dan berbuka berlebihan yang terjadi malah sebaliknya.

“Bukan malah lemak yang turun tapi berat badan bertambah. Sehingga di akhir puasa berat badan bukannya turun,” tandas Triyani.

Nah, itulah alasan mengapa kamu tidak boleh kalap saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat guys.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.