oleh

Waspadalah Umat Muslim, Ini Penyebab Akhir Hidup yang Buruk

PortalMadura.Com – Siapapun ingin meninggal dalam keadaan baik atau khusnul khatimah. Namun untuk mencapai kematian yang baik, kita diwajibkan untuk selalu berada di jalan yang Allah Azza Wajalla ridai.

Kematian yang pasti tidak ingin dialami oleh seorang muslim adalah mati dalam keadaan buruk atau su’ul khatimah.

Ada penyebab utama mengapa seseorang bisa meninggal dalam keadaan su’ul khatimah.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Sesungguhnya dosa, maksiat, dan syahwat adalah sebab yang dapat menggelincirkan manusia saat kematiaanya, ditambah lagi dengan godaan setan. Jika maksiat dan godaan setan terkumpul, ditambah lagi dengan lemahnya iman, maka sungguh amat mudah berada dalam su’ul khatimah (akhir hidup yang jelek).” (Al-Bidayah wa An-Nihayah, Ibnu Katsir, 9:184).

Tidak ada yang lebih bisa membuat manusia meninggal dalam keadaan buruk selain dosa dan maksiat yang sengaja dia lakukan tanpa segera bertobat.

Selain itu, ada empat penyebab seseorang dekat dengan kematian yang buruk atau su’ul khatimah di antara penyebab lainnya:

1. Memiliki akidah yang rusak.

2. Melenceng dari sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

3. Terus menerus dalam melakukan dosa besar dan menganggap remeh dosa.

4. Teman bergaul yang jelek.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim tentunya kita harus lebih meningkatkan lagi iman dan takwa kepada Allah Subhanallahu Wata’ala agar diberikan kemudahan ketika meninggal dan juga kenikmatan khusnul khatimah. Semoga bermanfaat, Amin.(islampos.com/Anek)