Wow Keren! Inilah Robot Pertama di Dunia yang Menjadi Pemeran Film

  • Bagikan
robot
Ist.Net

PortalMadura.Com – Produser film asal jepang telah menciptakan pemeran bintang film yang terbuat dari robot, sebagai aktris android yang memiliki peran utama. Robot ini akan bersanding dengan manusia untuk film Sayonara, pasca krisis tenaga nuklir yang mematikan di Jepang.

Robot ini diberi nama Geminoid F, dirancang dapat melihat dan bertindak seperti manusia, kulit dan wajah wanita berbahan karet. Tapi tidak mampu berjalan dan berputar.

Geminoid F berperan sebagai Leona, dalam film tersebut dianggap layaknya seorang aktris oleh sang sutradara. Koji Fukada bahkan mencantumkan nama android cantik itu dalam daftar pemeran dalam kredit akhir film. Untuk itu sebagian besar robot dalam banyak film, dimainkan oleh aktor nyata atau dibuat menggunakan efek visual.

Geminoid F dibuat oleh Hiroshi Ishiguro, desainer robot Universitas Osaka, Jepang dengan harga 144,2 juta yen (Rp 16,8 miliar). Namun android pemeran Leona dibuat seharga 13,7 juta yen atau Rp 1,56 miliar. Dengan ini Ishiguro berharap akan mendekatkan teknologi dengan aliran mainstream.

Geminoid F bisa tersenyum, mengerutkan alis dan menggerakkan mulutnya. Dia juga dapat berbicara dan bernyanyi. Robot ini dilengkapi dengan aktuator bermotor, didukung oleh tekanan udara, yang memungkinkan dia untuk menyontoh ekspresi wajah manusia. Dalam film tersebut, dia dikendalikan dari jarak jauh dari laptop.

Ishiguro telah merancang beberapa robot yang dibuat agar terlihat seperti manusia. Profesor itu mengatakan bahwa suatu hari robot bisa menipu kita, sehingga kita percaya jika mereka adalah manusia. (sindonews.com/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.